Pengaruh Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Survei Pada Konsumen Distro Linoleum Bandung)

Arga Akbar

Abstract


Abstract. Purpose of this study is to investigate the implementation of product design, knowing the respondents to implementation of product design, knowing the consumer purchase decision, and know how much influence the design of products on consumer purchase decisions in distro Linoleum Bandung. This research is verification research, which this study aims to look at the effect of the independent variables with the dependent variable. Research conducted by collecting data, analysis data, and with the collection of 100 respondents in the consumer distros Linoleum. Analysis of the data that is in use is a simple regression analysis aimed to test the hypothesis. The results of this study showed the influence of product design on consumer purchasing decisions in Linoleum distributions with p= 0,000 correlation coefficient of 0,585 (R= 0,718), and the coefficient of determination (R Square) of  51,5%. This means that the effect of product design significantly positive influence on purchasing decisions.

 

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanan desain produk, mengetahui tanggapan responden terhadap pelaksanaan desain produk, mengetahui bagaimana keputusan pembelian konsumen, dan mengetahui seberapa besar pengaruh desain produk terhadap keputusan pembelian konsumen di distro Linoleum Bandung. Jenis penelitian yang dilaksanakan ini bersifat verifikatif, dimana peneliti ini bertujuan untuk melihat pengaruh variabel independen dengan variabel dependen. Peneliti dilakukan dengan cara menumpulkan data, menganalisis data, dan menyajikan data, dengan pengumpulan 100 responden pada konsumen distro Linoleum. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh desain produk terhadap keputusan pembelian konsumen di distro Linoleum dengan nilai p= 0,000, koefisien korelasi sebesar 0,718 (R= 0,718), dan koefisien determinasi (R Square) sebesar 51,5 %. Artinya pengaruh desain Produk secara signifikan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.


Keywords


product design, purchasing decisions.

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Ghozali, Imam. 2002. Aplikasi Analisis Multi Variant dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2012. Principles of Marketing Fourtenth Global Edition. 14 Edition. Pearson.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management. Fourtenth Global Edition. 14 Edition. Pearson.

Sugiyono. 2011. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Umar, Husein. 1993. Metode penelitian untuk skripsi dan tesis bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5190

Flag Counter   Â