Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu terhadap Ekuitas Merek Pd. Nun Jilbab Bandung (Survei Pada Konsumen Pd. Nun Jilbab Bandung)

Syahidah Rifa'atul Jannah, Ratih Tresnati, Septiana Estri Mahani

Abstract


Abstract. The purpose of this study is to investigate the implementation of integrated marketing communications PD. Nun Jilbab Bandung, consumer feedback on the implementation of integrated marketing communications Bandung in Nun Veil, consumer feedback on brand equity PD.Nun Jilbab Bandung, and to find out how much influence the integrated marketing communications on brand equity. This research was conducted at the PD. Nun Jilbab Bandung with survey reaserch methods and using simple regression analysis processed with SPSS. The subject in this study was 100 people respondents, Survey research methods and techniques the sample withdrawal is probabiliti sampling.The analysis of the data is in use is a simple regression analysis which aims to test the hypothesis. The results of this study demonstrate the influence of integrated marketingcommunication against the brand equity with a value of p = 0.000, the correlationcoefficient of 0.721 (R = 0,721), and determminan coefficient (R-Square/ ) of 0,507%. This means that there are influences between the integrated marketing communication against the brand equity.

 

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan komunikasi pemasaran terpadu di Nun Jilbab Bandung, tanggapan konsumen tentang pelaksanaan komunikasi pemasaran terpadu di Nun Jilbab Bandung, tanggapan konsumen tentang ekuitas merek di Nun Jilbab Bandung, dan untuk mencari seberapa besar pengaruh komunikasi pemasaran terpadu terhadap ekuitas merek. Penelitian ini dilakukan pada PD. Nun Jilbab Bandung dengan metode penelitian survei dan menggunakan analisis regresi sederhana yang diolah dengan SPSS. Subjek dalam penelitian ini adalah 100 orang responden. Dengan metode penelitian survei dan teknik penarikan sampel adalah probabiliti sampling. Analisis data yang di gunakan adalah analisis regresi sederhana yang bertujuan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh komunikasi pemasaran terpadu terhadap ekuitas merek dengan nilai p=0,000, koefisien korelasi sebesar 0,721 (R = 0,721), dan koefisien determminan (R-Square/) sebesar 0,507%. Artinya terdapat pengaruh antara komunikasi pemasaran terpadu terhadap ekuitas merek.


Keywords


Integrated marketing communication, brand equity.

References


JURNAL

Karaxha, halit dkk. 2015. “Integrated Marketing Communication and International Advertising in Kosovoâ€. Academic Journal of Interdisciplinary Studies MCSER Publishing, Rome-Italy Vol 4 No 1.

Mulyana, mumuh. 2012. Pengaruh Private Brand Strategi terhadap Brand Equity dan Implikasinya pada Shopping Preference Konsumen Giant Supermarket Sidangrabarang Bogor. Jurnal Ilmiah Ranggagading Vol 12 No 1.

Selang, Christian A.D. 2013 “Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Fresh Bahu Mall Manado†Jurnal EMBA, Vol 1 No. 3 Hal 71-80

Linakrisna, Nandan. 2008 “Pengaruh Komunikasi Pemasaran dan Kerelasian Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah†Jurnal Ekonomi Bisnis No. 1 Vol. 13.

Ayu, Mahardi Nursyamsi dan Henni Niviasari. 2013. “Pengaruh Green Marketing Pada Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Rumah di Perumahan PT. Asta Karya Pekanbaru†Jurnal Ekonomi Vol. 21 No.3

Soebianto, Albert. 2014. “Anallisis Pengaruh Faktor-Faktor Brand Equity Sepeda Motor Merek Honda Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Di Kota Bandung†E-Journal Graduate Unpar. Vol 1 No. 1.

Iriani, Nur Ida. 2011 “Pengaruh Dimensi Brand Equity (Ekuitas Merek) terhadap Keputusan Pembelian Kartu Telepon Selular Telkomsel Di Kota Malang†Jurnal Aplikasi Manajemen. Vol. 9 No. 2.

Koapaha, Janet Devina. 2016. “The Effect Of Brand Equity On Consumer Buying Behaviour In Stabuck Manado Town Square†Jurnal EMBA. Vol. 4 No. 1

Akbar, Dimas Raditya. 2015. “Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio†jurnal Ilmu dan Riset Pemasaran. Vol. 4 No. 6

BUKU

Hermawan, Agus. 2012. “Komunikasi Pemasaran†Jakarta : PT. Erlangga

Kotler, phlip dan Kevin L.K. 2009 “Manajemen Pemasaranâ€. Edisi 13. Bob Sabran. Jakarta : PT. Erlangga

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management 13. New Jersey : Pearson Prenticfe Hall, Inc.

Purwanto, Djoko. “Komunikasi Bisnis†edisi 4. Jakarta : PT. Erlangga

Anata, Lina dan Lena Ellitan. 2009. “Strategi Bersaing : Konsep, Riset dan Instrumen†Bandung : Alfabeta

Dewi, Sutrisna. “Komunikasi Bisnis†edisi 1. Yogyakarta : Andi

Nazir, Moh. 2013. “Metode Penelitianâ€. Bogor : Ghalia Indonesia.

INTERNET

http://search.detik.com/search?query=perkembangan+hijab+di+indonesia&sorttime=&siteid=2&number=&thread=0&fjb=0&fromdatex=&todatex=




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5182

Flag Counter   Â