Pengaruh Bauran Promosi terhadap Keputusan Pinjaman
Abstract
Abstract. The purpose of this study was to determine the conduct of the promotion mix at PT.BPR Mitra Kanaka, determine consumer responses to the implementation of the promotion mix at PT.BPR Mitra Kanaka, knowing how the consumer's decision to borrow in PT.BPR Mitra Kanaka, and determine how much influence the promotion mix BPR loan decision in BPR Kanaka Mitra Bandung.with the type of verivikatif research, research methods survey and as well as using simple regression analysis are processed using SPSS. Subjects in this study were 100 respondents. Sampling techniques is probability sampling. The type of verivikatif research, research methods survei and as well as using simple regression analysis are processed using SPSS, aimed to test the hypothesis. Implementation of the promotional mix done by BPR namely by using (1) Advertising, (2) Public Relations, (3) Sales Promotion, (4) Direct Sales. Results of research on consumer feedback regarding the promotion mix of "enough" and any feedback on the loan decision was "fair". The results of this study showed the influence of promotion mix on loan decisions in BPR Mitra Kanaka Bandung with p= 0,000 correlation coefficient of 0,728 (R= 0,728), and the coefficient of determination (R Square) of 55,2%. This means that the effect of promotion mix significantly positive influence on loan decisions.
Â
Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanan bauran promosi pada PT.BPR Mitra Kanaka, mengetahui tanggapan konsumen terhadap pelaksanaan bauran promosi pada PT.BPR Mitra Kanaka, mengetahui bagaimana keputusan konsumen meminjam di PT.BPR Mitra Kanaka, dan mengetahui seberapa besar pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pinjaman di BPR Mitra Kanaka Bandung. Subjek dalam penelitian ini adalah 100 orang responden. Teknik penarikan sampel adalah probability sampling. Jenis penelitian verivikatif, metode penelitian survei dan serta analisis menggunakan regresi sederhana yang diolah menggunakan SPSS, yang bertujuan untuk menguji hipotesis. Pelaksanaan bauran promosi yang dilakukan oleh BPR yakni dengan menggunakan (1) Periklanan, (2) Hubungan Masyarakat, (3) Promosi Penjualan, (4) Penjualan Langsung. Hasil penelitian tentang tanggapan konsumen mengenai bauran promosi yakni “cukup" dan tanggapan mengenai keputusan pinjaman pun â€cukupâ€. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pinjaman di BPR Mitra Kanaka dengan nilai p= 0,000, koefisien korelasi sebesar 0,728 (R= 0,728), dan koefisien determinasi (R Square) sebesar 55,2%. Artinya bauran promosi secara signifikan berpengaruh positif terhadap keputusan pinjaman.
Keywords
References
Basu Swasta dan Irawan. 2003. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty. Yogyakarta
Fandy Tjiptono. 2000. Strategi Pemasaran. Penerbit Andi, Yogyakarta
Febrian, Sandy .2014 Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (surei pada mahasiswa jurusan bisnis prngguna indosat). Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 9 No. 2 April 2014.
https://id.wikipedia.org/wiki/Bank
Imelda, Sri . 2013 . Pengaruh Keputusan Bauran Promosi Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Nomor Perdana Telkom Flexi di Kota Banjarmasin. Jurnal Wawasan Manajemen, Vol 1 Nomor 2, Juni 2013
Irawan, Faried Wijaya., M.N. Sudjon. 1998. Pemasaran. Yogyakarta. BPFE Yogyakarta
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2012. Pricinples of Marketing Fourteenth Global Edition. London Pearson.
Kotler, Phillip dan Amstrong, Gary. 2006. Dasar Dasar Pemasaran. Jakarta : PT Index
Kotler, Phillip., K.L. Keller. 2009. Manajemen pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta. Erlangga.
Nirmala, Leonita, Caecillia . 2013 . Analisis Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Mazda
Nitisusastro, Mulyadi. 2013. Perilaku Konsumen. Bandung. Alfabeta.
Peter, J.Paul., Jerry C Olson. 2014. Perilaku Konsumen dan Stategi Pemasaran. Jakarta. Salemba Empat.
Saladin, Djaslim dan Herry A. Buchory. 2010. Manajemen Pemasaran. Bandung. Linda Karya.
Saladin, Djaslim. 2010. Manajemen Pemasaran. Bandung. Agung Ilmu.
Simamora, Bilson.2008. Panduan Riset Perilaku konsumen. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama
Sonny, Hersona GW. 2013. Analisis Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Jasa di Lembaha Pendidikan Speaking Karawang
Stanton, William J. 2006. Prinsip Pemasaran. Jakarta. Erlangga
Sugiono. 2013. Metode Penelitian Bisnis. Bandung . Alfabeta
Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen. Bogor. Ghalia.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5173
  Â