Pengaruh Brand Image terhadap Loyalitas Konsumen pada Distro Rocksdenim

Annisa Nindyasari

Abstract


Abstract. The purpose of this study is to find the efforts made distro rocksdenim in creating the brand image , the response to know the customers to the brand image of distro rocksdenim on , determine the level of loyalty of buyers in distro rocksdenim , and to know how big the influence of the brand image of against loyalty of buyers in distro rocksdenim. Research methodology that is used is the kind of research verifikatif , namely research that seeks to capture the influence of the independent variable with the dependent variable .A method that is used is survey , and uses the technique of sampling accidental of sampling .The study is done in distro rocksdenim by taking samples from 100 respondents.Based on the results of research that it was the customers to the brand image in the average value of the produce of 321,55 and entering into another category enough .While the results of research the level of consumer loyalty produce an average of 293 and entering into another category enough .To know big the influence of the brand image of to loyalty consumers, undergone a statistics and obtained value a correlation coefficient 0,635 which means strong.The results of the analysis the coefficients determination show value of 0,403 or amounting to 40,3 % obtained from the results of ( r2 x 100 % = 0,403 x100 % = 40,3 % ), it means variable loyalty consumers influenced by variable the brand image of 40,3 % and the rest 59,7 % influenced the other factors that aren t pursuing in this research.We do the testing of hypotheses use test t count, known that the value test t count variable the brand image of 2,411.Because test t count & gt; t table or 2,411 & gt; 1.98 there is influence between variables the brand image of to loyalty consumers.

 

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan distro Rocksdenim dalam menciptakan brand image, untuk mengetahui tanggapan konsumen terhadap brand image pada distro Rocksdenim, untuk mengetahui tingkat loyalitas konsumen pada distro Rocksdenim, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh brand image terhadap loyalitas konsumen pada distro Rocksdenim. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian verifikatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen dengan variabel dependen. Metode yang digunakan adalah survey, dan menggunakan teknik sampling accidental sampling. Penelitian ini dilakukan di Distro Rocksdenim dengan mengambil sampel sebanyak 100 responden.Berdasarkan hasil penelitian bahwa tanggapan konsumen terhadap brand image pada menghasilkan nilai rata-rata sebesar 321,55 dan masuk kedalam kategori cukup. Sedangkan hasil penelitian tingkat loyalitas konsumen menghasilkan rata-rata sebesar 293 dan  masuk kedalam kategori cukup. Untuk mengetahui besar pengaruh brand image terhadap loyalitas konsumen, dilakukan uji statistik dan diperoleh nilai koefisien korelasi 0,635 yang artinya kuat. Hasil analisis koefisien determinasi menunjukkan nilai sebesar 0,403 atau sebesar 40,3 % diperoleh dari hasil (r2 x 100% = 0,403 x100% = 40,3 %), artinya variable loyalitas konsumen dipengaruhi oleh variabel brand image sebesar 40,3% sedangkan sisanya 59,7 % dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Kemudian dilakukan pengujian hipotesis menggunakan uji t hitung, diketahui bahwa nilai uji t hitung variabel brand image sebesar 8,133. Karena uji t hitung> t tabel atau 8,133 > 1,984 maka terdapat pengaruh antara variabel brand image terhadap loyalitas konsumen.


Keywords


brand image, loyalty consumers, distro.

References


Ali Hasan. 2009. Marketing. Media Presindo. Jakarta.

Arikunto. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.

Buchari, Alma. 2005. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa Cetakan 5. CV Alfabeta. Bandung.

Cristina Widya Utami. 2006. Manajemen Ritel (Strategi dan Implementasi Ritel Modern). Salemba Empat. Jakarta.

Dharmesta dan Irawan. 2005. Manajemen Pemasaran Modern Edisi Kedua. Liberty. Yogyakarta.

Freddy, Rangkuti. 2004. The Power of Brand. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Edisi Keempat. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty : Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Erlangga. Jakarta.

Keller, Kevin Lane.2013. Strategic Brand Management. Prentice Hall Inc. New Jersey.

Kertajaya, Hermawan. 2010. Brand Operation. Esensi Erlangga Group. Jakarta.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid I. Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid I. Erlangg. Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid I. Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid II. Erlangga. Jakarta.

S.A. Surachman. 2008. Dasar-dasar Manajemen Merek. Bayumedia Publishing. Malang.

Schiffman, Leon G dan Leslie Lazar Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen, Cetakan Keempat, dialihbahasakan oleh Zoekifli Kasip. PT Macanan Jaya Cemerlang. Jakarta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis ( pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Alfabeta. Bandung.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran Edisi Tiga. Andi. Jakarta.

Prof. Dr. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. HAL : 6 – 15

Jurnal :

Agung Rizal Hidayat.2014. Pengaruh Brand Image terhadap Loyalitas Konsumen pada Airplane Systm Clothing Bandung. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama.

Djoko Lesmana Radji 2009. Hubungan Citra Merek, Kepuasan, dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol.10

Melka Neria.2012. Pengaruh Citra Merek terhadap Loyalitas Konsumen Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia. Universitas Indonesia.

Musay, Fransisca Paramitasari. 2013. Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.

Novita Handayani.2014. Pengaruh Brand Image Starbucks Coffee Terhadap Loyalitas Konsumen Starbucks Coffee Mall Taman Anggrek




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5167

Flag Counter   Â