Pengaruh Knowledge Management terhadap Kinerja Karyawan di PT. ISS Site PDG Bandung
Abstract
Abstrack. This study aims to find out 1. How is knowledge management at PT. ISS Site PDG Bandung 2. How is the performance of employees at PT. ISS Site PDG Bandung 3. How much influence knowledge management has on employee performance. The method used is causal associative using descriptive and verification analysis and calculations using the SPSS 25 program. Respondents in this study were employees of PT. ISS Site PDB Bandung, amounting to 36 people using saturated sampling technique. The results of this study conclude that 1. Knowledge management is in the good category, there are indicators of knowledge management that are still in the low category, namely indicators of work procedures with the level of job responsibility in accordance with the abilities possessed by employees. This means that the employee's responsibility for his work is still not in accordance with his abilities. 2. Employee performance is in good category, there are indicators of employee performance that are still in the low category, namely indicators of work quality with the level of conformity with the work with the expected results. This means that the work produced by employees is still not in accordance with the expected results. 3. The magnitude of the influence of knowledge management on employee performance is 44% while the remaining 56% is influenced by other variables not examined.
Keywords:Â Knowledge Management, Employee Performance.
Abstrak. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengentahui 1. Bagaimana knowledge management di PT. ISS Site PDG Bandung 2. Bagaimana kinerja karyawan di PT. ISS Site PDG Bandung 3. Seberapa besar pengaruh knowledge management terhadap kinerja karyawan. Metode yang digunakan yaitu asosiatif kausal dengan menggunakan analisis deskriptif dan verifikatif dan perhitunganya menggunakan program SPSS 25, Responden yang ada pada penelitian ini adalah karyawan PT. ISS Site PDB Bandung yang berjumlah 36 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampling jenuh. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa 1. Knowledge management berada pada kategori baik, namun terdapat indikator knowledge management yang masih dalam kategori rendah yaitu indikator prosedur kerja dengan tingkat tanggung jawab pekerjaan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh karyawan. Hal ini berarti tanggung jawab karyawan terhadap pekerjaannya masih belum sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. 2. Kinerja karyawan berada kategori baik, namun terdapat indikator kinerja karyawan yang masih dalam kategori rendah yaitu indikator kualitas pekerjaan dengan tingkat kesesuaian dengan pekerjaan dengan hasil yang diharapkan. Hal ini berarti pekerjaan yang dihasilkan oleh karyawan masih belum sesuai dengan hasil yang diharapkan. 3. Besarnya pengaruh knowledge management terhadap kinerja karyawan yaitu sebesar 44% sedangkan sisanya sebesar 56% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci: Knowledge Management, Kinerja Karyawan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bergeron Bryan. 2003. 10 Modern Pathology Essentials Of Knowledge Management.
Chandra, Dhika Kameswara, and Sofia Ulfa Eka Hadiyanti. 2020. “Pengaruh Knowledge Management Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. BPD Kaltim Kaltara Kantor Pusat Samarinda.†Borneo Student Research 2(1): 480–89.
Fauzan Adzima, Herman Sjahruddin. 2019. “Pengaruh Knowledge Management Terhadap Kinerja Pegawai.†JURNAL ORGANISASI DANMANAJEMEN 1(1): 58–68.
Irawan Roy, Handayani. 2018. “Pengaruh Disiplin Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Relasi Abadi Jakarta.†Widya Cipta II(1): 1–7. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta/article/view/2537.
Masram, Mu’ah. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. http://www.stiekhad.ac.id/wp-content/uploads/2018/02/BUKU-MSDM.pdf.
Meithiana, Indrasari. 2017. “Kepuasan Kerja Dan Kinerja Karyawan Tinjauan Dari Dimensi Iklim Organisasi , Kreatifitas Individu, Dan Karakteristik Pekerjaan.†Yogyakarta: Indomedia Pustaka: 1–85.
P, Wijayanti D, and Sundiman Didi. 2017. “Pengaruh Knowledge Management Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Empiris Pada Pt. Sms Kabupaten Kotawaringin Timur).†DeReMa Jurnal Manajemen 12(1): 69–85.
Praharsi, Y. 2016. “Manajemen Pengetahuan Dan Implementasinya Dalam Organisasi Dan Perorangan.†Jurnal Manajemen Maranatha 16(1): 115651.
Putri, R. K., Frendika Rusman., Tinggi, S., & Ekonomi, I. (2018). Vol . 14 No . 2 Agustus 2018 ISSN : 1693-5236 MODEL PERILAKU BERBAGI PENGETAHUAN SEBAGAI INTERVENING ISSN : 1693-5236. 14(2), 139–144.
Wardinata, Yuliana. 2018. “Pengaruh Knowledge Management Terhadap Kinerja Karyawan Di Rocky Plaza Hotel Padang.†Jurnal Pendidikan Dan Keluarga 10(2): 242.
Darmawati, Hani. (2021). Pengaruh Knowledge Management dan Talent Management terhadap Pengembangan Karir Karyawan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 1(1), 36-41
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.30773
  Â