Analisis Pengendalian Kualitas Jasa dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment untuk Mengoptimalkan Kualitas Pelayanan

Fajryanto Hidayatullah, Tasya Aspiranti, Cici Cintyawati

Abstract


Abstract. This research aims to know and analyze service techniques in fulfilling the wishes of consumers, the relationship between various service techniques conducted by EPM Transport to meet the wishes of consumers. In this study used Quality Function Deployment (QFD) method that is the process of setting requests and translating consumer desires. The type of research used is quantitative descriptive, data research using calculations based on questionnaires. This research method is a case study that is observing and analyzing a case. Data collection techniques conducted in this study are interviews, observations, and questionnaires. After using quality function deployment (QFD) and House of Quality (HOQ) method can be concluded that EPM Transport has several advantages over its competitors in meeting the wishes of consumers.

Keywords: Quality Function Deployment, House of Quality, Quality of Service.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis teknik pelayanan dalam memenuhi keinginan konsumen, hubungan antara berbagai teknik pelayanan  yang dilakukan EPM Transport untuk memenuhi keinginan konsumen. Dalam penelitian ini digunakan metode Quality Function Deployment (QFD) yaitu proses menetapkan permintaan dan menerjemahkan keinginan konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah deksriptif kuantitatif, penelitian data menggunakan perhitungan berdasarkan kuesioner. Metode penelitian ini adalah studi kasus yaitu mengamati dan menganalisis suatu kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan kuesioner. Setelah menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD) dan House of Quality (HOQ) dapat diambil kesimpulan bahwa EPM Transport memiliki beberapa keunggulan dibandingkan pesaingnya dalam memenuhi keinginan konsumen.

Kata Kunci: Quality Function Deployment, House of Quality, Kualitas Pelayanan.


Keywords


Quality Function Deployment, House of Quality, Kualitas Pelayanan

Full Text:

PDF

References


Firmansyah, F., & Haryanto, R. (2019). Manajemen Kualitas Jasa: Peningkatan Kepuasan & Loyalitas Pelanggan (A. Fauzi (ed.); Edisi 1). Duta Media Publishing.

Madu, C. (2020). The House of Quality in a Minute: A Guide to Quality Function Deployment (3rd Editio). Information Age Publishing.

Mao, Q., Li, N., & Peña-Mora, F. (2019). Quality function deployment-based framework for improving the resilience of critical infrastructure systems. International Journal of Critical Infrastructure Protection, 26, 100304. https://doi.org/10.1016/j.ijcip.2019.100304

Sule, E., & Saefullah, K. (2015). Pengantar Manajemen (1st ed.). Prenadamedia Group.

Sutawidjaya, A., & Asmarani, P. (2018). Evaluasi Pelayanan Publik Produk Hukumonline.com Untuk Mengetahui Kebutuhan Pelanggan Kasus PT Justika Star Publika. Jurnal JDM, Vol 1(No.02).

Walujo, D., Koesdijati, T., & Utomo, Y. (2020). Pengendalian Kualitas (D. Walujo (ed.); Edisi 1). Scopindo Media Pustaka.

Pratista, Alvin Cakra. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Menggunakan Metode Service Quality dan Diagram Kano untuk Meningkatkan Kepuasan Nasabah di Bank Jabar Banten Syariah Cabang Bandung. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 1(1), 10-15




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.30764

Flag Counter