Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) dan Kompetensi terhadap Kinerja Pegawai

Chintya Mutiara Fauziyah, Aminuddin Irfani, Allya Roosallyn

Abstract


Abstract. The purpose of this research are to determine and analyze the influence of education & training and competence on the performance of state civil apparatus in Kecamatan Cidadap. The method of this research are descriptive and verificative analysis and operating the calculations using IBM SPSS 23 program. The respondent of this research are the state civil apparatus of Kecamatan Cidadap Bandung there are 40 people, using saturated sampling technique. The variables are being served on this research is the education & training (X1), competency (X2), and employee performance (Y). The results of this research concluding that education & training has a positive and significant effect on employees performance by 54.4%. Competency has a positive and significant effect on employees performance by 46,3%. Education & training and competency have a positive and significant effect on employees performance by 60.8%. The conclusion of this study is that there is an influence between education & training and competence on ASN Performance in Kecamatan Cidadap Bandung.

Keyword: Competency, Education & Training, Employee Performance

Abstrak. Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pendidikan & pelatihan (Diklat) dan kompetensi terhadap kinerja pegawai pada Kecamatan Cidadap. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan penelitian verifikatif dengan mengoperasikan perhitungan menggunakan program IBM SPSS 23. Responden pada penelitian ini adalah pegawai pada Kecamatan Cidadadap yang berjumlah 40 orang, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini adalah Pendidikan & Pelatihan (X1) dan Kompetensi (X2) sedangkan variabel terkaitnya adalah Kinerja Pegawai (Y). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Pendidikan dan Pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai yaitu sebesar 54,4%. Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai yaitu sebesar 46,2%. Pendidikan & Pelatihan dan Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja karyawan yaitu sebesar 60,8%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara Pendidikan & Pelatihan dan Kompetensi terhadap Kinerja ASN Pada Kecamatan Cidadap Kota Bandung.

Keyword: Competency, Education & Training, Employee Performance


Keywords


Kompetensi, Kinerja Pegawai, Pendidikan & Pelatihan

Full Text:

PDF

References


Bangun, Wilson. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Chaerudin, Ali. (2019). Manajemen Pendidikan dan Pelatihan SDM. Penerbit: Jejak Publisher.

Damingun. (2018). Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Masa Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Rektorat Universitas Mulawarman Samarinda. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol.12 No.1.

Riniawati, Harsuko. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Aktivitas Utama dan Pengembangan SDM). Penerbit: UB Press.

Saleh, Akh. Muwafik. 2016. Manajemen Training (Teknik Praktik Pengelolaan Training dan Pelatihan Sumber Daya). Penerbit: Universitas Brawijaya Press (UB Press).

Sulaksono, Hari. (2015). Budaya Organisasi dan Kinerja. Penerbit: CV Budi Utama.

Wibowo, 2016. Manajemen Kinerja (Edisi Kelima). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Efektif (Strategi, Program dan Teknik Pengukuran). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Durianto, Darmadi dan C. Liana. 2001. Analisis Efektifitas Iklan Televisi Softener Soft & Fresh di Jakarta dan Sekitarnya dengan Menggunakan Consumer Decision Model. Jurnal Ekonomi Perusahaan. Volume IV Nomor

Darmawati, Hani. (2021). Pengaruh Knowledge Management dan Talent Management terhadap Pengembangan Karir Karyawan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 1(1), 36-41




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.29471

Flag Counter   Â