Pengaruh Store Atmosphere dan Word Of Mouth Marketing terhadap Keputusan Pembelian pada Tahu Goreng Citarasa Kabupaten Sumedang

Rinda Ristina, Ratih Tresnati, Dedy Ansari Harahap

Abstract


Abstract. The purpose of this study was to determine the application of the Store Atmosphere at Tahu Goreng Citarasa, to determine the application of Word Of Mouth Marketing by the Tahu Goreng Citarasa, to determine purchasing decisions at Tahu Goreng Citarasa and to determine how much influence Store Atmosphere and Word Of Mouth Marketing had on Purchase Decision. This research activity was carried out at Tahu Goreng Citarasa. The research method used is a survey method. This type of research is descriptive verification with a quantitative approach. The sampling technique used is non-probability incidental sampling. The sample in this study were 100 respondents who visited Tahu Goreng Citarasa Sumedang. The data collection technique used was a questionnaire. The data analysis method used is Multiple Linear Analysis with the aim of knowing the direction of the relationship between the independent variable (X1) and the independent variable (X2) and the dependent variable (Y). The results of this test state that the Store Atmosphere variable partially has a significant effect on Purchasing Decisions and the Word Of Mouth Marketing variable partially has a significant effect on Purchasing Decisions. Simultaneously, the variables of Store Atmosphere and Word Of Mouth Marketing have a significant effect on Purchasing Decisions at Tahu Goreng Citarasa.

Keywords: Store Atmosphere, Word Of Mouth Marketing, Purchasing Decision.

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Store Atmosphere di Tahu Goreng Citarasa, untuk mengetahui penerapan Word Of Mouth Marketing yang dilakukan oleh Tahu Goreng Citarasa, untuk mengetahui Keputusan pembelian di Tahu Goreng Citarasa dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh  Store Atmosphere dan Word Of Mouth Marketing terhadap Keputusan Pembelian. Kegiatan penelitian ini dilakukan pada Tahu Goreng Citarasa di Kabupaten Sumedang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability incidental sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang responden yang berkunjung ke Tahu Goreng Citarasa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Linier Berganda dengan tujuan untuk mengetahui arah hubungan antara variabel independen (X1) dan variabel independen (X2) dengan variabel dependen (Y). Hasil pengujian ini menyatakan bahwa variabel Store Atmosphere secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dan variabel Word Of Mouth Marketing secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Serta secara simultan variabel Store Atmosphere secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dan variabel dan Word Of Mouth Marketing berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Tahu Goreng Citarasa.

Kata Kunci: Store Atmosphere, Word Of Mouth Marketing, Keputusan Pembelian.


Keywords


Store Atmosphere, Word Of Mouth Marketing, Keputusan Pembelian.

Full Text:

PDF

References


Kotler, P., & Keller, K. L. 2016. Marketing Management. Global Edition (Vol. 15E). In Global Edition.

Berman, Barry, Joel R. Evans, dan Patrali Chatterjee. 2018. Retail Management: A Strategic Approach, Global Edition. Edisi 13. New Jersey: Pearson Education Limited.

Andy, Sernovitz. 2009. Word Of Mouth Marketing: How Smart Companies Get People Talking (Revised Edition). New York: Kaplan Publishing.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta: CV. Andi.

Kotler, Philip & Amstrong. G. 2018. Principles of Marketing. Edisi 15 Global Edition. Pearson.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.CV.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.CV.

Santoso, Singgih. (2016). “Paduan Lengkap SPSS Versi 23â€. Jakarta: Elekmedia Computindo

Afifi, M. F., & Wahyuni, D. U. 2019. Pengaruh Store Atmosphere Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 8(3)

Pamungkas, B. A. 2016. Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi kasus pada Kedai Bontacos, Jombang). Jurnal Komunikasi, 10(2), 145-160

Finanda, I. R., & Wiwaha, A. 2018. Pengaruh Word Of Mouth Dan Brand Image Terhadap Keputusan Penggunaan Salon Kecantikan Pada Konsumen Miloff Beauty Bar. E-journal Widya Ekonomika, 1(2), 134-140

Harahap, D. A., Hurriyati, R., Gaffar, V., & Amanah, D. 2019. Culinary Tourism in Indonesia-Empirical Study at Amaliun Food Court

Joesyiana, K. 2018. Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekanbaru. Jurnal Valuta Vol, 4(1)

Maghfiroh, K. 2019. Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Word Of Mouth Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Implikasinya Pada Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 2(2), 34-44

Hartono, R., Arifin, R., & Hufron, M. 2020. Pengaruh Strategi Promosi Sosial Media (Instagram) Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Kuliner Mbok taya. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(03)

Azib, Rizky Irvan Muhamad. (2021). Pengaruh Pembiayaan Mudharabah, Murabahah dan Musyarakah terhadap Return On Assets. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 1(1), 16-24




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.29308

Flag Counter