Pengaruh Struktur Kepemilikan Institusional, Pertumbuhan Perusahaan, Laba dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan

Dzihan Okiani, Handri Handri, Lasmanah Lasmanah

Abstract


Abstract. This research was conducted to analyze the effect of institutional ownership structure, profit, firm growth, and firm size on firm value for the 2015-2019 period. The author uses 19 samples of companies with a time span from 2015 to 2019. Analysis of research data uses panel data regression using the Eviews version 10 program. The results of the study simultaneously show that institutional ownership structure, earnings, company growth, and company size affect the value of the company. company. While the results of the study partially show that the institutional ownership structure and profits affect the value of the company. Meanwhile, company growth and company size have no effect on company value in the property and real estate sectors listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2015-2019 period.

Keywords: Institutional Ownership Structure, Company Growth, Profit, Firm Size, Firm Value.

Abstrak. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh struktur kepemilikan institusional,  laba, pertumbuhan perusahaan, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan periode 2015-2019. Penulis menggunakn 19 sampel perusahaan dengan rentang waktu selama tahun 2015 hingga tahun 2019. Analisis data penelitian menggunakan regresi data panel dengan menggunakan program Eviews versi 10. Hasil penelitian secara simultan menunjukan bahwa struktur kepemilikan institusional, laba, pertumbuhan perusahaan, dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan hasil penelitian secara parsial menunjukan bahwa struktur kepemilikan institusional dan laba berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan pertumbuhan perusahaan dan ukurn perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019.

Kata kunci: Struktur Kepemilikan Institusional, Pertumbuhan Perusahaan, Laba, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan.


Keywords


Struktur Kepemilikan Institusional, Pertumbuhan Perusahaan, Laba, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan.

Full Text:

PDF

References


Catur, U. F., & Rian, D. (2019). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhn Perusahan, dan Ukuran Perusahan terhadp Nilai Perusahaan pada Perusahan LQ-45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. 6(1), 1–14.

Indriyani, E. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabiltas Terhadap Nilai Perusahaan. Akuntabiltas. https://doi.org/10.15408/akt.v10i2.4649.

Jayanti, I. S. D., & Puspitasari, A. F. (2019). Struktur Kepemilikan dan Kebijakan Dividen pada Perusahaan Manufaktur di Indonesis. TIJAB (The International Journal of Applied Business), 1(1), 1. https://doi.org/10.20473/tijab.v1.i1.2017.1-13.

Rudangga, I., & Sudiarta, G. (2016). PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. E-Jurnal Manajemen Universtas Udayan.

Sudana, I. M. (2011). Manajemn Keuangan Perusahaan Teori & Praktik. In Erlangga.

Sugiyono (2016). (2016). Metode Penelitian. Metode Penelitian.

Suwardka, I., & Mustanda, I. (2017). PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN PROPRTI.Darmadi, Sugianto dkk. 2010. Inovasi Pasar dengan Iklan yang Efektif (Strategi, Program dan Teknik Pengukuran). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Durianto, Darmadi dan C. Liana. 2001. Analisis Efektifitas Iklan Televisi Softener Soft & Fresh di Jakarta dan Sekitarnya dengan Menggunakan Consumer Decision Model. Jurnal Ekonomi Perusahaan. Volume IV Nomor

Darmawati, Hani. (2021). Pengaruh Knowledge Management dan Talent Management terhadap Pengembangan Karir Karyawan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 1(1), 36-41




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.29295

Flag Counter