Pengaruh Communication Skill dan Kepercayaan Diri (Self Confidence) Terhadap Pembentukan Personal Branding Karyawan di Humas Pemerintah Kota Bandung

Febby Mustikawati, Sri Suwarsi

Abstract


Abstract

This study aims 1) To determine Communication Skill and Self Confidence at Humas Pemerintah Kota Bandung. 2) To determine Employee Personal Branding. 3) To analyze how the influence of Communication Skill and Self Confidence on Establishment of Employee Personal Branding at Humas Pemerintah Kota Bandung. The research method used is descriptive analysis and verification and operates the calculations using the SPSS 25.0 program. The variables in this study are Communication Skill, Self Confidence and Employee Personal Branding. Data collection obtained through questionnaires, observation, interviews, and literature study. The sampling technique is saturated sampling. Respondents of this study were employees of Humas Pemerintah Kota Bandung, amounting to 53 people. The results of this study concluded that: 1) Communication Skill at Humas Pemerintah Kota Bandung is included in the high category. 2) Self Confidence at Humas Pemerintah Kota Bandung is included a high category. 3) Employee Personal Branding at Humas Pemerintah Kota Bandung is including high category. 4) Partially of Communication Skill has a significant effect on Employee Personal Branding. 5) Partially of Self Confidence has a significant effect on employee performance. 6) Communication Skill and Self Confidence are simultaneously influence Employee Personal Branding. It can be concluded that there is an influence between Communication Skill and Self Confidence on Establishment Employee Personal Branding at Humas Pemerintah Kota Bandung.

Keywords: Communication Skill, Self Confidence, Personal Branding.

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui Communication Skill dan Kepercayaan Diri (Self Confidence) Karyawan di Humas Pemerintah Kota Bandung. 2) Untuk mengetahui Personal Branding Karyawan di Humas Pemerintah Kota Bandung. 3) Untuk menganalisis bagaimana pengaruh Communication Skill dan Kepercayaan Diri (Self Confidence) terhadap Pembentukan Personal Branding Karyawan di Humas Pemerintah Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif dan mengoperasikan perhitungannya menggunakan program SPSS 25.0. variabel dalam penelitian adalah Communication Skill, Kepercayaan Diri (Self Confidence) dan Personal Branding Karyawan. Pengumpulan data yang diperoleh melalui kuesioner, observasi, wawancara dan studi pustaka. Teknik penarikan sampel adalah sampling jenuh. Responden penelitian ini adalah karyawan di Humas Pemerintah Kota Bandung yang berjumlah 53 orang. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Communication Skill di Humas Pemerintah Kota Bandung termasuk dalam kategori tinggi. 2) Kepercayaan Diri (Self Confidence) di Humas Pemerintah Kota Bandung termasu dalam kategori tinggi. 3) Personal Branding Karyawan di Humas Pemerintah Kota Bandung termasuk dalam kategori tinggi. 4) Communication Skill secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Personal Branding Karyawan. 5) Kepercayaan Diri (Self Confidence) secara parsial berpengaruh terhadap Personal Branding Karyawan. 6) Communication Skill dan Kepercayaan Diri (Self Confidence) secara simultan berpengaruh terhadap Pembentukan Personal Branding Karyawan. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara Communication Skill dan Kepercayaan Diri (Self Confidence) terhadap Pembentukan Personal Branding Karyawan di Humas Pemerintah Kota Bandung.

Kata Kunci: Communication Skill, Kepercayaan Diri (Self Confidence), Personal Branding.


Keywords


Communication Skill, Kepercayaan Diri (Self Confidence), Personal Branding.

Full Text:

PDF

References


Agung Wasesa, Silih. 2011. Political Branding & Public Relations. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Alwisol. 2004. Psikologi Kepribadian. Malang: Universitas Muhammadiyah.

Ann Bainbridge Frymier and Marian L Houster. 2000. The teacher-student relationship as an interpersonal relationship. Communication Education, Vol. 49, No. 3.

Anthony R. 1992. Rahasia Membangun Kepercayaan Diri (Terjemahan Rita Wahyudi). Jakarta : Bina Rupa Aksara.

Baron, A. Robert. & Bryne, Donn. 2002. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.

Bobbins, James G. dan Barbara S. Jones. 2006. Komunikasi yang Efektif, Jakarta: CV Pedoman Ilmu Jaya.

Claude Shannon and W. Weaver. 1949. The Mathematical Theory of Communication. Beverly Hills.

Davies, Philippa. 2004. Meningkatkan Rasa Percaya Diri. Yoygakarta: Torrent Books.

Dobrin J. Andrew. 1996. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Mitra Utama.

Effendy, Onong Uchjana. 1986. Dimensi-dimensi komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung : PT. Citra Aditya Bakti.

Hakim, Thursan. 2002. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.

Haroen, Dewi. 2014. Personal Branding. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hardjana, M. Agus. 2003. Komunikasi Intrapersonal & Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Iswidharmanjaya, D. 2004. Satu Hari Menjadi Lebih Percaya Diri. Jakarta : PT Elex media komputindo.

Jacinta F. Rini. 2002, Psikologi Masalah Stres, Jurnal Repistory Univetsitas Sumatera Utara.

Lauster, Peter. 2002. Tes Kepribadian. Jakarta : Bumi Aksara.

Lina dan Klara Sr. 2012. Panduan Menjadi Remaja Percaya Diri. Jakarta: Nobel Edumedia.

McNally, David dan Speak, Karl D. 2004. Be Your Own Brand. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

McNally, David and Karl D. Speak. 2002. Be Your Own Brand, Berret Koehler Publisher, Inc. San Fransisco.

Montoya, Peter. 2006. Personal Branding Information.

Montoya, Peter dan Vandehey, Tim. 2009. The Brand Called You, Create a Personal Brand That Wins Attention And Grows Your Business. New York: McGraw Hill.

Montoya, Peter, & Vandehey, Tim. 2008. The Brand Called You: Make Your Business Stand Out ina Crowded Marketplace. United States of America: McGraw-Hill.

M Romli, A.Syamsul. 2003. Jurnalistik Terapan : Pedoman Kewartawanan dan Kepenulisan. Bandung : Batic Press Cetakan 1.

Mufid, Muhamad. 2012. Etika dan Filsafat Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Parengkuan, Erwin dan Tumewu, Becky. 2014. Personal Brand-inc. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rampersad, H.K. 2008. Sukses Membangun Authentic Personal Branding. Jakarta: PPM.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV

Thantaway. (2005). Kamus Istilah Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Kanisius.

Tumewu, Becky dan Parengkuan. 2014. Erwin, Personal Brand- Inc. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Umi Narimawati, dkk. 2011. Penulisan karya Ilmiah. Bekasi: Genesis.

Wasesa, S.A. 2011. Political Branding & Public Relations: Saatnya Kampanye Sehat, Hemat dan Bermartabat. Jakarta: Gamedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27119

Flag Counter   Â