Pengaruh Citra Merek dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Baso Iqbal Cimahi
Abstract
Abstract. The purpose of this study was to determine the application of Brand Image at Baso Iqbal Restaurant, to determine the application of Product Assortment by Baso Iqbal Restaurant, to determine purchasing decisions at Baso Iqbal Restaurant and to determine how much influence Brand Image and Product Assortment had on Buying decision. This research was conducted at Baso Iqbal Restaurant in Cimahi City. The research method in this research is the survey method. The type of research in this research is descriptive verification with a quantitative approach. The sampling technique in this study is non-probability incidental sampling. The sample in this study was 100 respondents who visited Baso Iqbal Restaurant. The data collection technique in this research is by using a questionnaire. The data analysis method in this study is Multiple Linear Analysis with the aim of knowing the direction of the relationship between the independent variable (X1) and the independent variable (X2) with the dependent variable (Y). The results of this study state that the brand image variable partially has a significant effect on purchasing decisions and the product diversity variable partially has a significant effect on purchasing decisions. As well as simultaneously the variables of Brand Image and Product Assortment have a significant effect on Purchasing Decisions at Baso Iqbal Restaurant.
Keywords: Brand Image, Product Assortment, Purchasing Decision
Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Citra Merek di Rumah Makan Baso Iqbal, untuk mengetahui penerapan Keragaman Produk yang dilakukan oleh Rumah Makan Baso Iqbal, untuk mengetahui Keputusan pembelian di Rumah Makan Baso Iqbal dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Citra Merek dan Keragaman Produk terhadap Keputusan Pembelian. Penelitian ini dilakukan pada Rumah Makan Baso Iqbal di Kota Cimahi. Metode penelitian pada penelitian ini yaitu metode survey. Jenis penelitian pada penelitian ini yaitu deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penlitian ini yaitu non probability incidental sampling. Sampel pada penelitian ini sebesar 100 orang responden yang berkunjung ke Rumah Makan Baso Iqbal. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis data pada penelitian ini yaitu Analisis Linier Berganda dengan tujuan untuk mengetahui arah hubungan antara variabel bebas (X1) dan variabel bebas (X2) dengan variabel terikat (Y). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa variabel Citra Merek secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dan variabel Keragaman Produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Serta secara simultan variabel Citra Merek dan Keragaman Produk berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Rumah Makan Baso Iqbal.
Kata Kunci: Citra Merek, Keragaman Produk, Keputusan Pembelian
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kotler, P., & Keller, K. L. 2016. Marketing Management. Global Edition (Vol. 15E). In Global Edition.
Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Engel, James F. (1995). Perilaku Konsumen. Jakarta : Bina Rupa Aksara.
Buchari Alma., 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabet
Camelia, S. B., & Suryoko, S. (2017). Pengaruh Keragaman Menu, Harga, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis.
Christanty, Desy (2017). Pengaruh Citra Merek dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian di Oriflame Cabang Medan.
Amanah, D., & Harahap, D. A. (2018). Examining The Effect Of Product Assortment And Price Discount Toward Online Purchase Decision Of University Student In Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan.
Yulianti, R., & Tresnati, R. (2020). Pengaruh Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian di Youth Cleanshoes 22 Kota Bandung. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 590–593.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27052
  Â