Analisis Perbandingan RASIO Profitabilitas (ROE) dan Dana Pihak Ketiga Sebelum dan Sesudah Menerapkan Mobile Banking Pada Bank BUMN di Indonesia (Periode Tiga Tahun Sebelum dan Sesudah Menerapkan Mobile Banking)

Iqbal Prawira Winata, Azib Azib, Luthfia Sevriana

Abstract


Abstract. Company has a target to make a profit that can be measured by using the profitability ratio. With this ratio, the company has the ability to generate profits. Third parties funds (DPK) in banking companies are also a source of company assets that serve as a tool to measure the success of a bank in collecting company assets. The research in this thesis is to see the comparison of the profitability ratio (ROE) and third parties funds by calculating the ratio of profitability and third parties funds in banking companies using comparative research methods, namely research that comes from events that have occurred after that can be compared using comparative analysis. The analytical method used in this study is the Paired Sample T-test and non-parametric Wicoxon Signed Rank Test using purposive sampling technique on: (1) companies that publish complete financials from monthly to yearly data. (2) banking companies that have a rating of the 10 largest companies in Indonesia. (3) companies that already have services from mobile banking.

Keywords: Profitability Ratios, Third Parties Funds, Banking Companies, Mobile Banking.

 Abstrak. Perusahaan memiliki sasaran dalam mendapatkan laba yang dapat diukur dengan menggunakan rasio profitabilitas. Dengan adanya rasio ini perusahaan memiliki kemampuan dalam menghasilkan keuntungan. Dana pihak ketiga (DPK) pada perusahaan perbankan juga menjadi sumber aset perusahaan yang berfungsi sebagai alat untuk mengukur keberhasilan bank dalam mengumpulkan aset perusahaan. Penelitian di dalam skripsi ini adalah untuk melihat perbandingan rasio profitabilitas (ROE) dan dana pihak ketiga dengan menghitung rasio profitabilitas dan dana pihak ketiga pada perusahaan perbankan dengan menggunakan metode penelitian komparatif, yaitu penelitian yang berasal dari kejadian yang telah terjadi seelah itu dapat dibandingkan dengan menggunakan analisis perbandingan. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji statistik Paired Sample T-test dan uji non-parametrik Wicoxon Signed Rank Test dengan menggunakan teknik purposive sampling pada: (1) perusahaan yang mempublikasikan keuangan secara lengkap dari data bulanan hingga tahunan. (2) perusahaan perbankan yang memiliki rating 10 perusahaan terbesar di Indonesia. (3) perusahaan yang sudah memiliki layanan dari mobile banking.

Kata kunci: Rasio Profitabilitas, Dana Pihak Ketiga, Perusahaan Perbankan, Mobile Banking.


Keywords


Rasio Profitabilitas, Dana Pihak Ketiga, Perusahaan Perbankan, Mobile Banking.

Full Text:

PDF

References


Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Pt. Rajagrafindo Persada.

Hasibuan, M.S.P. 2008. Dasar-Dasar Perbankan. Cetakan Ketujuh, Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Buset And Tiwari. (2007). The Mobile Commerce Prospects: A Strategic Analisys Of Oppurtunities In The Banking Sector. Hamburg: Hamburg University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.26258

Flag Counter   Â