Pengaruh Personal Branding Terhadap Kinerja Guru Di MAN 2 Bandung Kabupaten Bandung

Farhan Hamdallah

Abstract


ABSTRAK

Sorotan terhadap kinerja guru banyak dikritisi oleh kalangan masyarakat, mulai dari kompetensi hingga fungsi dan tugas yang diembannya. Kinerja guru merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sebuah sistem mulai dari input, proses dan output, dalam upaya mencapai tujuan suatu lembaga pendidikan, baik negeri maupun swasta. Dalam meraih mutu pendidikan yang baik sangat dipengaruhi oleh  personal branding dari masing-masing guru dalam melaksanakan tugasnya untuk mencapai keberhasilan pendidikan. Personal branding harus dibentuk dan dimanfaatkan dengan baik. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftip verifikatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 39 orang, termasuk sampel jenuh karena seluruh populasi dijadikan sebagai sampel. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan gambaran indikator-indikator masing-masing variabel, menunjukan bahwa sebagian besar responden cenderung memberikan nilai tinggi terhadap indikator-indikator dari variable baik itu  personal branding maupun tentang kinerja guru di MAN 2 Bandung Kabupaten Bandung. Adapun besarnya pengaruh dari hasil pengujian diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) persamaan regresi yaitu sebesar 36,4% Ini berarti, variabel personal branding berpengaruh sebesar 36,4% terhadap kinerja guru. Adapun sebesar 63,6% sisanya disebabkan oleh variabel-variabel lain diluar variabel tersebut yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini. Berdasarkan perhitungan regresi, diketahui bahwa nilai thitung untuk variabel Personal branding (X) adalah sebesar 4.27 bahwa nilai thitung untuk variabel Personal branding (X) adalah sebesar 4,664. nilai tersebut lebih besar daripada nilai ttabel yaitu sebesar 1,697. karena thitung> ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variable Personal branding (X) dengan Kinerja guru yang telah sertifikasi di MAN 2 Bandung Kabupaten Bandung.

 

Kata Kunci : Personal branding, kinerja guru

 

ABSTRACT

The public criticizes the public's attention to the performance of many, from competencies to the functions and tasks they carry. Teacher performance is an inseparable part of a system starting from input, process and output, efforts to achieve the goals of educational institutions, both public and private. Achievement of very good quality education, by personal branding of each teacher in carrying out their duties to achieve educational achievement. Personal branding must be formed and put to good use. The research method used in this research is descriptive verification method. The sample in this study may be 39 people, including the saturated sample because the entire population is used as the sample. The analysis used is simple regression analysis. The results showed a description of the indicators for each variable, indicating that most respondents tended to give high scores to the indicators of the variables both personal branding and teacher performance in MAN 2 Bandung, Bandung Regency. The magnitude of the effect of the test results of the coefficient of determination (R2) of the regression equation is 36.4%. This means that the personal branding variable has an effect of 36.4% on teacher performance. The remaining 63.6% was caused by other variables outside of these variables that were not involved in this study. Based on the regression calculation, it is known that the t value for the Personal branding variable (X) is 4.27 while the t value for the Personal branding variable (X) is 4.664. This value is greater than the t-table value of 1,697. Because tcount> ttable, it can be ignored that there is a significant relationship between the personal branding variable (X) and the performance of teachers who have been certified in MAN 2 Bandung, Bandung Regency.

 

Keywords: Personal branding, teacher performance

Keywords


Personal Branding, Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


A.A Anwar Prabu Mangkunegara. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Aan, Komariah dan Triatna, Cepi. 2005. Visionary Leadership: Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Balai Pustaka

A. B. Susanto, Himawan Wijanarko. 2004. Power Branding, Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya. Bandung: Mizan

Agus Dharma. 2001. Manajemen Supervisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Amirullah. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media

A.M, Sardiman, 2004, Interaksi dan motivasi belajar mengajar, Jakarta: PT Raja. Grafindo Persada

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Bilson, Simamora. 2001. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel, Edisi Pertama, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama

Bougie, & Sekaran. 2013. Edisi 5, Research Methods for Business: A skill Building Approach. New York: John wiley@Sons

Edison, Emron. Yohny anwar, Imas komariyah. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Fayol, Henry, 1985. Industri dan Manajemen Umum, Terj. Winardi, London: Sir Issac and Son

Ghozali, Imam. 2015. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Gomes, F.C. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : ANDI

Hasibuan, Malayu S.P. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Bumi Aksara

---------------------------. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Haroen, Dewi. 2014. Personal Branding. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Hubert K Rampersad, 2008, Sukses Membangun Authentic Personal Branding, Edisi Indonesia, PPM, Jakarta

Kusmianto. 1997. Panduan Penilaian Kinerja Guru Oleh Pengawas. Jakarta : Erlangga.

Mangkuprawira, Sjafri. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik (edisi kedua). Ghalia Indonesia: Bogor

Mathis Robert, Jackson John. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Salemba empat

McNally, David. Speak, Karl D. 2004. Be Your Own Brand. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Mohammad Saroni. 2011. Personal Branding Guru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru Profesional menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : Rosdakarya

Rivai, Veithzal. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari teori Ke Praktik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Robbins, Stephen, 2006, “Perilaku Organisasiâ€, Prentice Hall, edisi kesepuluh

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

--------------2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

-------------- 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV

Sukarna. 2011. Dasar –dasar Manajemen. Bandung: Mandar Maju

Sedarmayanti, M.Pd,. APU. 2009, Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung : Penerbit Mandar Maju

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Suwatno dan Donni Juni Priansa. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi Publik Dan Bisnis. Bandung : Cv. Alfabeta

Uno, Hamzah.B, dan Nina Lamatenggo. 2012. Teori Kinerja Dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25773

Flag Counter   Â