Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru

kamal Nur Kholiq, Sri Suwarsi, Allya Roosally Assyofa

Abstract


 


Abstract— Regarding teacher performance in carrying out teaching and learning activities, there are Teacher Professional Duties according to the Law of the Republic of Indonesia Number 14 of 2005 Article 20 (a) About Teachers and Lecturers, namely planning learning, implementing quality learning processes, and assessing and evaluating learning outcomes. According to Pidarta in Emda (2016: 113), factors that can affect teacher performance in carrying out their duties are school principal leadership, work facilities, expectations and beliefs of school personnel. According to Ahmadiansyah (2016), performance can also be influenced by absenteeism, commitment, competence, productivity, motivation, and job satisfaction. This study aims as follows: 1) To determine the level of performance of teachers at SMA PGRI 1 Bandung. 2) To determine transformational leadership style at SMA PGRI 1 Bandung 3) To determine job satisfaction at SMA PGRI 1 Bandung. 4) To find out how much influence the transformational leadership style has on the performance of SMA PGRI 1 Bandung teachers. 5) To find out how much influence job satisfaction has on the performance of SMA PGRI 1 Bandung teachers. 6) To find out how much influence transformational leadership style and job satisfaction on the performance of SMA PGRI 1 Bandung teachers. The method used in this research is descriptive and verification. The population in this study were 45 SMA PGRI 1 Bandung teachers. The sampling technique used saturated sampling with a sample size of 45 respondents. The data analysis technique used is simple and multiple linear regression analysis. The results showed that: 1) Overall the transformational leadership style at SMA PGRI 1 Bandung is categorized as very high. 2) Overall job satisfaction at SMA PGRI 1 Bandung is categorized as high. 3) Overall, the teacher's performance at SMA PGRI 1 Bandung is categorized as very high. 4) Transformational leadership style affects the performance of teachers at SMA PGRI 1 Bandung by 66%. 5) job satisfaction affects the performance of SMA PGRI 1 Bandung teachers by 61.1%. 6) Transformational leadership style and job satisfaction simultaneously affect the performance of SMA PGRI 1 Bandung teachers by 75.2%.

Keywords— Transformational leadership style, Job satisfaction, Teacher performance.

Abstrak— Berkaitan dengan kinerja guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, terdapat Tugas Keprofesionalan Guru menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 pasal 20 (a) Tentang Guru dan Dosen yaitu merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu, serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran. Menurut Pidarta dalam Emda (2016: 113) faktor yang dapat mempengaruhi kinerja guru dalam melaksanakan tugasnya yaitu kepemimpinan kepala sekolah, fasilitas kerja, harapan-harapan dan kepercayaan personalia sekolah. Menurut Ahmadiansyah (2016), bahwa kinerja juga dapat dipengaruhi oleh kemangkiran, komitmen, kompetensi, produktivitas, motivasi, dan kepuasan kerja. Penelitian ini bertujuan sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui tingkat kinerja guru SMA PGRI 1 Bandung. 2) Untuk mengetahui gaya kepeminpinan transformasional pada SMA PGRI 1 Bandung 3) Untuk mengetahui kepuasan kerja di SMA PGRI 1 Bandung. 4) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru SMA PGRI 1 Bandung. 5) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja guru SMA PGRI 1 Bandung. 6) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru SMA PGRI 1 Bandung. Metode yang digunakan dalam peneliian ini adalah deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini ada sebanyak 45 guru SMA PGRI 1 Bandung. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sampling jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 45 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Secara keseluruhan gaya kepemimpinan transformasional pada SMA PGRI 1 Bandung dikategorikan sangat tinggi. 2) Secara keseluruhan kepuasan kerja pada SMA PGRI 1 Bandung dikategorikan tinggi. 3) Secara keseluruhan kinerja guru pada SMA PGRI 1 Bandung dikategorikan sangat tinggi. 4) Gaya kepemimpinan transformasional mempengaruhi kinerja guru SMA PGRI 1 Bandung sebesar 66%. 5) kepuasan kerja mempengaruhi kinerja guru SMA PGRI 1 Bandung sebesar 61,1%. 6) Gaya kepemimpinan transformasional dan kepuasan kerja secara simultan mempengaruhi kinerja guru SMA PGRI 1 Bandung sebesar 75,2%.

Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja, Kinerja Guru.


Keywords


Gaya Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja, Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Ahmadiansyah, Reza. 2016. Pengaruh motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru SMK Muhammadiyah Salatiga. Jurnal. Mahasiswa Pascasarjana Magister Sains Psikologi UKSW

Corry Magdalena, Harmein dan Nazaruddin. 2016. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Kepemimpinan Transaksional Terhadap Kinerja Karyawan dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening pada PT. Sinar Sosro Tanjung Morawa, Jurnal Human Falah, Vol 3, No. 1, 114- 132

Departemen Pendidikan Nasional .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Departemen Pendidikan Nasional, 2005. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Depdiknas.

Emda, Amna. 2016. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 5 No. 2

Hakam, Moch Soed’oed dan Ika Ruhana. 2015. pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan dengan motivasi kerja sebagai variabel intervening (studi pada karyawan bank jatim cabang malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)| Vol. 3 No. 1

Karyoto. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktek). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Karweti, Engkai. 2010. Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Kerja dan Kinerja Gurus SLB di Kabupaten Serang

McShane, S. L., & Von Glinow, M. A. 2010. Organizational Behavior: Emerging Knowledge and Practice for The Real World (5th ed.). New York: The McGraw-Hill Companies, Inc

Priansa, Doni Juni. 2016. Perencanaan dan Pengembangan SDM. Bandung: Alfabeta.

Robbin, Stephen dan Judge. 2015. Perilaku Organisasi Edisi 16. Jakarta. Salemba Empat.

Susanto, Ahmad. 2012. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suwarni. 2011. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Ekonomi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol.18. No.2.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.24120

Flag Counter   Â