Pengaruh Employee Engagement dan Komitmen Karyawan terhadap Kinerja Karyawan Pada Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Jawa Barat

Isye Rahmawati, Sri Suwarsi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh Employee Engagement dan Komitmen Karyawan terhadap Kinerja Karyawan pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Jawa Barat.

            Metode Penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif dan mengoperasikan perhitungannya dengan menggunakan program SPSS 26.0. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Jawa Barat. Teknik pengumpulan data adalah melalui observasi dan kuesioner. Metode yang digunakan adalah metode penelitian survey dan teknik penarikan sampel menggunakan metode purposive sampling. Responden penelitian ini adalah 31 karyawan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Jawa Barat.

            Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Employee Engagement pada BAZNAS Provinsi Jawa Barat termasuk kategori tinggi, 2) Komitmen Karyawan pada BAZNAS Privinsi Jawa Barat termasuk kategori tinggi, 3) Kinerja Karyawan pada BAZNAS Provinsi Jawa Barat termasuk kategori tinggi, 4) Employee Engagement secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan, 5) Komitmen Karyawan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan pada karyawan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Jawa Barat.

 

Kata Kunci: Employee Engagement, Komitmen Karyawan, Kinerja Karyawan


Keywords


Employee Engagement, Komitmen Karyawan, Kinerja Karyawan

Full Text:

PDF

References


Deisya Monika P., Ella Jauvani S. Pengaruh Employee Engagement dan Komitemen Karyawan terhadap Kinerja Karyawan Bank Generasi Y Pada Bank BRI Kabupaten Wonosobo. JURNAL MANAJEMEN [VOL. 15 NO. 2, NOVEMBER 2018: 181-194] 194

Edison, E., Anwar, Y., Komariyah, I.. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung, Alfabeta.

Handoko, T. H. 2004. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE

Handoyo, A.S., dan Setiawan, R. 2017. Pengaruh Employee Engagement Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Tirta Rejeki Dewata. AGORA. 5(1): 1-8.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23791

Flag Counter   Â