Pengaruh Brand Image dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Laundry Sepatu Deekey Shoes Garage di Antapani Bandung

Reza Taufik Hidayat, Ratih Tresnati, Mochammad Malik Akbar

Abstract


Abstrak—Penelitian ini dilakukan untuk melihat Brand Image pada laundry sepatu Deekey Shoes Garage , untuk melihat Kualitas Pelayanan dan untuk melihat Loyalitas Konsumen dan untuk mengetahui seberapa besar dampak Brand Image dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen. Kegiatan penelitian ini dilakukan pada laundry sepatu Deekey Shoes Garage cabang Antapani Bandung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah survey dan teknik sampel pada penelitian ini adalah  non probability sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Deekey Shoes Garage. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 100 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis linier berganda dengan tujuan untuk mengetahui arah hubungan antara variable independent (X1) dan variable independent (X2) dengan variable dependen (Y). Hasil pengujian dari penelitian ini menyatakan bahwa variable  Brand Image dan Kualitas Pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen. Serta variable Brand Image dan Kualitas Pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen.

Kata kunci: Brand Image, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Konsumen

Abstract — This research was conducted to see the Brand Image on Deekey Shoes Garage laundry shoes, to see Service Quality and to see Customer Loyalty and to find out how big the impact of Brand Image and Service Quality on Consumer Loyalty. This research activity was carried out at Deekey Shoes Garage laundry shoes, Antapani branch, Bandung. The method used in this study is a survey and the sample technique in this study is non probability sampling. This type of research is descriptive and verification research. The population in this study were consumers of Deekey Shoes Garage. The sample used in this study was 100 people. The data analysis method used is multiple linear analysis in order to determine the direction of the relationship between the independent variable (X1) and the independent variable (X2) with the dependent variable (Y). The test results of this study state that the variable Brand Image and Service Quality partially have a significant effect on Consumer Loyalty. As well as the variable Brand Image and Service Quality simultaneously have a significant effect on Consumer Loyalty.

Keywords: Brand Image, Service Quality, Consumer Loyalty


Keywords


Brand Image, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Konsumen

Full Text:

PDF

References


Amanah, D. (2011). Pengaruh Promosi dan Brand Image terhadap Loyalitas Pembelian Produk Pepsodent di Ramayana Plaza Jalan Aksara Medan. Jurnal Keuangan dan Bisnis, Universitas Negeri Medan.

Farghob, M., & Gilbran, P. (2016). Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Clothing Peter Says Denim (Survey Pada Konsumen Peter Says Denim Di Kota Bandung) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis (UNISBA)).

Gedalia, C. C. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Monopole Coffee Lab Surabaya). Jurnal Strategi Pemasaran, 3(1), 1-10.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran Edisi Ke 15. Jakarta: Erlangga.Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Musay, F. P. (2013). Pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian (survei pada konsumen kfc kawi malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 3(2).

Panjaitan, J. E., & Yuliati, A. L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung (The Influence of Service Quality on Customer Satisfaction at JNE Branch in Bandung). DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 11(2), 265-289.

Seftiani, R., & Widiyanto, I. (2014). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk terhadap Brand Preference dan Implikasinya terhadap Minat Loyalitas (Studi pada konsumen The Body Shop di kota Semarang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Edisi Dua. Bandung:Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23512

Flag Counter   Â