Pengaruh Kompensasi dan Beban Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT Astra Toyota Sales Operation (Auto 2000) Cabang Asia Afrika Bandung

Loreza Tri Oktari, Aminuddin Irfani, Allya Rososallyn

Abstract


Abstract—International Tbk Toyota Sales Operation Asia Africa Bandung Brach. This study ains to: 1)To determine the level of compensation and workload on employees branch 2) To determine  the level of job satisfaction at employees of PT. Astra International Tbk Toyota Sales Operation Asia Africa Bandung branch 3) Analyze how the effect of compensation and workload on job satisfaction of employees of PT. Astra. This research use descriptive and verifaction methods and operates the calculations using she SPSS 20.0 program. Collecting data obtained throught observation and questionnaires. The method used is a survey research method. The sampling technique is a purposive sampling technique. Respondents in this study were 45 employees of PT. Astra International Tbk Toyota Sales Operation Asia Africa Bandung. The results of this study conculed that : 1) Campesation at PT. Astra International Tbk. Toyota Asia Bandung Branch is included in the excellent category. 2) Workload at PT. Astra International Tbk Toyota Asia Bandung Toyota Asia Bandung Branch is in good category. 4) Compensation has an effect and is significant on job satisfaction. 5)Worload has a negative and significant effect on job satisfaction. It can be conclude that there is an effect of compensation and workload o job satisfaction of employees of PT. Astra International Tbk. Toyota Sales Operation Asia Africa Bandung Branch..

 

Keywords—Workload, Job Satisfaction, and Compensation

 

 

Abstrak—Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui tingkat kompensasi dan beban kerja pada karyawan PT. Astra International Tbk Toyota Sales Operation Cabang Asia Afrika Bandung. 2) Untuk mengetahui tingkat kepuasan kerja pada karyawan PT. Astra Toyota Sales Operation cabang Asia Afrika Bandung. 3) Menganalisis bagaimana pengaruh kompensasi dan beban kerja terhadap kepuasan kerja pada karyawan PT. Astra International  Tbk. Toyota Sales Operation cabang Asia Afrika Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan metode verifikatif dan mengoperasikan perhitungannya menggunakan program SPSS 20.0. Pengumpulan data yang diperoleh melalui observasi dan kuesioner.Metode yang digunakan adalah metode penlitian survey.Teknik penarikan sampel adalah teknik Purposive Samplin. Responden dalam penelitian ini adlah karyawan PT. Astra International Tbk. Toyota Sales Operation  cabang Asia Afrika Bandung yang berjumlah 45 orang. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa : 1) Kompensasi pada PT. Astra International Tbk. Toyota Cabang Asia Bandung termasuk kategori sangat baik. 2) Beban kerja pada PT. Astra International Tbk. Toyota Cabang Asia Bandung termasuk ketgori cukup. 3) Kepuasan kerja pada PT. Astra International Tbk. Toyota Cabang Asia Bandung termasuk kategori baik. 4) Kompensasi berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan kerja, 5) Beban kerja berpengaruh negative dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kompensasi dan beban kerja terhadap kepuasan kerja pada karyawan PT. Astra International Tbk. Toyota Sales Operation Cabang Asia Afrika Bandung.

 

Kata Kunci : Beban Kerja, Kepuasan Kerja, dan Kompensasi

 


Keywords


Kompensasi, Beban Kerja, Kepuasan Kerja

Full Text:

PDF

References


ï›1ïAmrullah Asriyanti. 2015. Pengaruh Kompensasi Finansial Dan Non Finansial Terhadap Kinerja Karyawan PT.Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk. Wilayah Makassar.Skripsi. Universitas Hasanuddin

ï›2Anugerah,Victor dan Lucky.2017. Pengaruhkompensasi, lingkungan kerja dan beban kerja terhadap kepuasan kerja karyawan restoran Manado.

ï›3ïEkhsan, M. (2019). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 13(1), 1-13

ï›4ïBarahama Kifly Franco, Katuuk Mario, Oroh Wenda M. 2019. Hubungan Beban Kerja dengan Kepuasan Kerja Perawat Di Ruangan Perawatan Dewasa RSU GMIM Pancaran Kasih Manado.

ï›5ïHasibuan, Malayu. S.P. 2017.Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

ï›6ïCompany Profile TOYOTA - AUTO2000 Cabang Asia Afrika Bandung

http://www.auto2000asiaafrika.com/profil/

ï›7ïMargaretha, M dan Susanti Saragih. 2008. Employee Engagement: Upaya Peningkatan Kinerja Organisasi, Jurnal: The 2nd National Conference UKWMS, Surabaya, 6 September 2008.

ï›8ïDwi,Thatok dan Lalu. 2017. Pengaruh budaya beban kerja, beban kerja dan kompensasi terhadap kepuasan kerja karyawan pegawai kontrak di lingkungan Universitas Mataram.

ï›9ïFarhan. M Pontoh 2014. Pengaruh kompensasi dan beban kerja terhadap kepuasan

kerja BPPDP Sulawesi

ï›10ïFerdiyanto A. 2017.Pengaruh kompensasi, lingkungan kerja dan beban kerja terhadap kepuasan kerja karyawan pada Cheese Bury Kopi Tiam.Jurnal.

ï›11ïHamam ,Marzolina. 2016. Pengaruh beban kerja dan kompensasi terhadap kepuasan kerja dan Turnover Intention karyyawan PT.Adira

ï›12ïHasibuan, Malayu SP. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

ï›13Jackson dkk. 2011. Pengelolaan Sumber Daya Manusia (Managing Human Resource). Jakarta: Salemba Empat.

ï›14ïSedarmayanti. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama.

ï›15ïSiddhanta, Abhijit dan Roy, Debalina. 2010. Employee Engagement – Engaging The 21st Century Workforce. Asian Journal of Management Research.Online Open Access Publishing platform for Management Research.

ï›16ïKevin, Christofel dan Farlane. 2016. Pengaruh kompensasi, beban kerja dan pengembangan karir terhadap kepuasan kerja karyawan PT.Telekomunikasi Sulut.

ï›17ïRolos Jeky K R, Sambul Sofia A P, Rumawas Wehelmina. 2018. Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Asuransi Jiwasraya cabang Manado Kota ( Jurnal )




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23188

Flag Counter   Â