PENGARUH TRASNPARANCY, ACCOUNTABILITY, RESPONSIBILITY, INDEPENDENCY, FAIRNESS TERHADAP ROA DAN BOPO

Rizka Ayu Retno Purwanti, Azib Azib, Nurdin Nurdin

Abstract


Penelitian ini berjudul: “Pengaruh Transparancy, Accountability, Responsibility, Independency, Fairness Terhadap Return On Assets (ROA) Dan Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) (Studi Kasus Pada Bank Syariah Yang Terdaftar Di BEI Periode 2011-2013)â€. Penelitian ini dilatarbelakangi lemahnya implementasi prinsip GCG yang terjadi di indonesia. Yang bisa terlihat dari minimnya pelaporan kinerja keuangan.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Pengaruh Transparancy, Accountability, Responsibility, Independency, Fairness Terhadap Return On Assets (ROA) Dan Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO).

Penelitian ini menggunakan metode desain penelitian survey. Teknik pengumpulan data bersumber dari studi pustaka dan laporan tahunan atau annual report di website resmi bank-bank syariah yang ada di indonesia yang terdaftar di BEI periode 2011-2013. Teknik analisis data yang dilakukan adalah dengan menggunakan analisis regresi sederhana.

Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa perkembangan GCG, ROA, BOPO dalam bank syariah pada setiap tahunnya terjadi adanya dinamika dan perkembangan baik ke atas maupun ke bawah. Selain itu pengaruh GCG terhadap Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional yaitu semakin tinggi pengungkapan GCG tidak akan mempengaruhi secara signifikan terhadap peningkatan BOPO bank syariah.

Kesimpulan dari penelitian ini diketahui bahwa Transparancy, Accountability, Responsibility, Independency, Fairness (GCG) pada Bank  Syariah yang terdaftar di BEI secara keseluruhan mengalami fluktuasi dan memiliki hubungan yang lemah dengan ROA dan BOPO. Hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi sebesar 7% dan koefisien determinasi sebesar 56,5%. Selain itu Pengaruh Return On Asset (ROA) terhadap Bank Umum Syariah memiliki hubungan yang kuat dengan laba bersih, hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi sebesar 75,2% dan koefisien determinasi sebesar 56,5%.

Keywords


ROA, BEI, BOPO



DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2309

Flag Counter   Â