Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen 372 Kopi

Daniel Heru Reyvaldi, Dede R Oktini

Abstract


Abstract. This study aims to determine how the influence of the use of social media on consumer purchasing decisions 372 Coffee. The research method used in this survey research while the type of research is descriptive and verification research. The sample in this study were 100 respondents who were 372 coffee consumers. Analysis of the data used is simple linear regression. The results showed respondents' responses regarding the use of social media as a whole were considered quite good. Respondents' responses to the buying decision on 372 Coffee as a whole were considered quite good. Hypothesis testing results show that the use of social media Instagram has a significant effect on consumer purchasing decisions 372 copies. The coefficient of determination of 62% shows the relationship between social media variables and purchasing decisions is strong. This means that purchasing decisions influenced by social media amounted to 62% while 38% influenced by other variables.

Keywords: Social Media, Purchasing Decisions

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media sosial terhadap keputusan pembelian konsumen 372 Kopi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini survei sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian dekriptif dan verifikatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden yang merupakan konsumen 372 Kopi. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan tanggapan responden mengenai penggunaan media sosial secara keseluruhan dinilai cukup baik. Tanggapan responden mengenai keputusan pembelian pada 372 Kopi secara keseluruhan dinilai cukup baik. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa penggunaan media sosial Instagram berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen 372 Kopi. Nilai koefisien determinasi sebesar 62% menunjukan hubungan antara variabel media sosial dengan keputusan pembelian adalah kuat. Artinya keputusan pembelian dipengaruhi media sosial adalah sebesar 62% sedangkan sisannya 38% dipengaruhi variabel lainnya.

Kata kunci: Media Sosial, Keputusan Pembelian


Keywords


Media Sosial, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management, 15th Edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc

Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13. Jilid 1. Jakarta:Erlangga

Kurniasari, Maety. 2018. Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening pada J.Co Donuts & Coffee Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol.7. No.1

Rahman, Muh.Akil. 2016. Pengaruh penggunaan media sosial terhadap keputusan pembelian lewat internet di kalangan mahasiswa. ASSETS. Vol.6. No.1

Mileva, Lubiana. 2018. Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol.58. No.1

Wiridjati, Wikan. 2018. Fenomena Penggunaan Media Sosial dan Pengaruh Teman.

Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Dewing, M. 2012. Social media: An Introduction. Parliamentary Information and Research Service, Social Affairs Division. Canada: Library of Parliament

Gunelius, Susan. 2011. 30-Minute Social Media Marketing.United States (US): McGraw-Hill Companies




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i1.21140

Flag Counter   Â