PENGARUH KOMUNIKASI ORGANISASI FORMAL DAN KOMUNIKASI ORGANISASI INFORMAL TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA BKPP(Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan) Kabupaten Bandung

Emha Nisa Suparida, Sri Suwarsi, Dudung Abdurrahman

Abstract


Komunikasi merupakan alat penting bagi suatu organisasi, karena komunikasi merupakan alat utama bagi anggota organisasi untuk dapat bekerja sama dalam melakukan aktivitas manajemen, yaitu untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya. Sumber daya manusia merupakan salah satu sumber daya yang terpenting, manusia sebagai tenga kerja mempunyai peranan yang sangat menentukan terhadap keberhasilan untuk mencapai tujuan organisasi. Komunikasi-komunikasi yang terjadi dalam organisasi berpengaruh pada kepuasan kerja karyawan yang terlibat  dalam organisasi tersebut. Dari latar belakang pemikiran yang telah diuraikan di atas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian pada BKPP Kab.Bandung, mengenai pengaruh komunikasi organisasi formal dan komunikasi organisasi informal terhadap kepuasan kerja karyawan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, peneliti menggunakan sumber data dari populasi keseluruhan karyawan pada BKPP Kab.Bandung yaitu sebanyak 65 orang. Sementara itu, pengumpulan data sekunder dilakukan dengan riset kepustakaan. Analisis regresi berganda dilakukan dalam penelitian ini untuk menganalisis data secara statistik.

Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan adanya pengaruh komunikasi organisasi formal terhadap kepuasan kerja karyawan sebesar 17,5% dan pengaruh komunikasi organisasi informal sebesar 24,6%. Secara simultan, hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh komunikasi organisasi formal dan komunikasi organisasi informal terhadap kepuasan kerja karyawan adalah sebesar 26,6%.


Keywords


komunikasi organisasi formal, komunikasi organisasi informal, kepuasan kerja karyawan

References


Rivai, Veitzal., 2003, Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada.

Goldhaber, Geral M., 1989, Organizational Communication, lowa Wm. Brown Publisher.

Mangkunegara, Anwar Prabu., 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya

Moekijat., 1993, Teori Komunikasi, Bandung: Mandar Maju.

Liliweri, Alo., 2014, Sosiologi & Komunikasi Organisasi, Jakarta: Bumi Aksara.

Muhammad, Arni., 2009, Komunikasi Organisasi, Jakarta: Bumi Aksara.

Sutrisno, Edy., 2010, Budaya Organisasi, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Robbins. Stephen.P. 2006. Perilaku Organisasi. Jakarta: Prenhallindo.

Umar, Husein. 2003. Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Robbins. Stephen.P., dan Judge. A.Timothy. 2008. Perilaku Organisasi. Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.

Certo, C.Samuel. 1994. Modern Management. International Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Effendi, Onong Uchjana. 2007. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Remaja Karya: Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2082

Flag Counter   Â