Pengaruh CSR terhadap Nilai Perusahaan dengan ROA sebagai Variabel Moderasi
Abstract
Abstract. It is important for companies to always pay attention to the interests of investors (investors) so that they are still interested in investing in the company by maximizing the company's performance. The purpose of this study was to determine : 1) The influence of CSR on firm value, 2) The influence of CSR on firm value with ROA as a moderating variable. This research sample is the disclosure of social responsibility in the plastic and packaging sector manufacturing companies in 2015-2018 that meet the criteria as a research sample. The method of analysis in this research is multiple regression analysis. The result of this study show that CSR does not have a significant effect on firm value. ROA as a moderating variable can affect the relationship of CSR disclosure and firm value.
Keywords : Corporate Social Responsibility, Firm Value, Return On Asset
Abstrak. Perusahaan penting untuk selalu memperhatikan kepentingan para pemodal (investor) agar mereka tetap tertarik untuk menanamkan modalnya pada perusahaan yakni dengan jalan memaksimalkan kinerja perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Pengaruh CSRterhadap nilai perusahaan (2) Pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan dengan ROA perusahaan sebagai variabel moderating. Sampel penelitian ini adalah pengungkapan pertanggungjawaban social pada perusahaan manufaktur sektor plastik dan kemasan tahun 2015 hingga 2018 dengan menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 11 perusahaan pada tahun 2015 – 2018 yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian. Metodeanalisis pada penelitian ini adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresiberganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan CSR tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. ROA sebagai variabel moderating dapat mempengaruhi hubungan pengungkapan CSR dan nilaiperusahaan.
Kata kunci : Corporate Social Responsibility, Nilai Perusahaan, Return On Asset
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, Fr. R. R. 2006. PengungkapanInformasiSosial dan Faktor-faktor yang MempengaruhiPengungkapanInformasiSosialdalamLaporanKeuanganTahunan. Simposium Nasional Akuntansi IX. Padang. 23-26 Agustus.
Dahli, L. dan Siregar, V. S. 2008. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadapKinerja Perusahaan (StudiEmpiris pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2005 dan 2006). Simposium Nasional Akuntansi XI. Pontianak.
Devina, Florence., Suryanto, L dan Zulaikha. 2004. PengaruhKarakteristik Perusahaan TerhadapPengungkapanSosialdalamLaporanTahunan Perusahaan Go Public di Bursa Efek Jakarta (BEJ). JurnalMaksi.Volume 4. Agustus : 161-177.
Ghozali, Imam. 2006. Analisis Multivariate dengan Program SPSS. EdisiKe 4. Badan Penerbit UniversitasDiponegoro : Semarang. dan A. Chariri. 2007. TeoriAkuntansi. Badan PenerbitUniversitasDiponegoro : Semarang.
Herawati, Vinola. 2008. PeranPraktek Corporate Governance sebagai Moderating Variabel dariPengaruh Earning Management terhadap Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi XI. Pontianak.
Kurniawan, Reno. 2008. Analisis Good Corporate Governance, KualitasLaba, dan Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEJ. Skripsi S1 Akuntansi UNDIP.
Nurlela dan Islahudin. 2008. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan denganProsentaseKepemilikanManajemensebagaiVariabel Moderating. Simposium Nasional Akuntansi XI.
AnalisisPengaruhInseder Ownership, KebijakanHutang, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. ASET. Volume 9 Nomor 2. Agustus : 464-493.
Suharli, Michell. 2002. StudiEmpiristerhadapFaktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan pada Perusahaan Go Public di Indonesia. JurnalMaksi, Volume 6 Nomor 1. Januari : 23-41.
Suharto, Edi. 2007. Corporate Social Responsibility : What is and Benefit for Corporate. http://www.policy.hu/suharto. Diaksestanggal 19 Oktober 2009.
Suranta, E. dan Merdistuti, P. P. 2004. Income Smoothing, Tobin’s Q, Agency Problem dan Kinerja Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi VII. Denpasar Bali, 2-3 Desember.
Sutopoyudo. 2009. PengaruhPenerapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Profitabilitas Perusahaan. Sutopoyudo’s Weblog at http://www.wordpress.com. Diakses tanggal 30 Oktober 2009 Wahidahwati. 2002. PengaruhKepemilikanManajerial dan KepemilikanInstitusional pada Kebijakan Utang Perusahaan :SebuahPerspektifTeori Agensi. JRAI, Volume 5 Nomor 1. Januari : 1-16.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i1.20768
  Â