Pengaruh Harga Tiket dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Jasa Transportasi Kereta Api

Billy Ibrahim Tarmiji, Ratih Tresnati

Abstract


Abstract.-The purpose-of this study was to to-find-out the application-of  ticket price train Harina, to find out the service quality who carried out by train Harina, to find out the responses of respondents regarding purchasing decisions, to determine the prices influence on purchasing decisions, to know-the influence-of service-quality-on purchasing-decisions, and to-determine the influence of  prices and service-quality on-purchasing-decisions. The methodology that was used is a method of surveying andltechniques of the withdrawal of the sampling method of accidential probabilityasample-is non. Theztype of-researchaconducted iszquantitativezverification. Population-in-this-research is-consumers train Harina. Sample-taken-is-100-respondents. The-method-of-analysis the-dataaused was-linear analysis-and-the worship-of idols-aims-to-reviewzof the relations between-independentzvariable-(X1)xandx(X2) with independent variable dependent variable. The results of thisnstudy state that the pricing of ticket train Harina it can be said enough. Themimplementation of the service quality itacan be saidagood. Consumeraresponsesaregarding purchase decisions on train Harina can be said quite good. The resultsqof thisqstudy indicate the influence of price and service quality on consumerapurchasemdecisions.  

Keywords: Price, service quality,  Purchase Decision

Abstrak. Tujuan peenelitian-ini adalah-untuk mengetahui penerapan hargaztiket kereta api Harina, untukzmengetahuixpelaksanaan kualitasmpelayanan dimkereta api Harina, untukzmengetahuizkeputusan pembelian konsumen akan jasa kereta api Harina, untukzmengetahuinbesarnpengaruh harga terhadapmkeputusan pembelian, untuk mengeetahui besarzpengaruhakualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian,  dan untuk mencari seberapa besar pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. Metodeayangadigunakancadalah metode survei danateknikwpenarikan sample adalah  non probability-accidential-sampling. Jenis-penelitian-yang dilaksanakan bersifat verifikatif-kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen kereta api Harina. Sampleqyang diambilaadalah 100aorang-responden. Metodeaanalisis dataqyang digunakanmadalah analisis linear-berganda bertujuan-untuk mengetahui arah-hubungan antara-variable independen (X1)-dan variable-independen (X2) dengan-variable-dependen. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penetapan harga tiket kereta api Harina dapat dikatakan cukup. Pelaksanaan kualitas pelayanan dapat dikatakan baik. Tanggapan responden mengani keputusan pembelian akan jasa kereta api Harina-dapat dikatakan-cukup. Hasilapenelitian iniamenunjukan adanyanpengaruh harga danakualitas pelayananaterhadap keputusanapembelian konsumen.

Kata kunci: Harga, Kualitas Pelayanan, dan Keputusan Pembelian


Keywords


Harga, Kualitas Pelayanan, dan Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Principles of Marketing. Global Edition: Pearson.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Managemen . 15th Edition: Peaarson Education.

Parasuraman, Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A Multiple item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing Vol 64 (1), 12-37.

Petricia, D., & Syahputra. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Proses Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Kopi Progo Bandung). Journal Faculty of Communication and Business, , Telkom University.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta: Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i1.20055

Flag Counter   Â