Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Pengecer Rokok Djarum Coklat di Desa Cijangkar Kabupaten Sukabumi

Taufik Ali Munawar

Abstract


Abstract. this research aims to know the price and promotion done in Djarum chocolate cigarette retailer located in Cianchors village of Sukabumi District, and to know the respondents ' response to prices and promotions and to find out how big Influence of price and promotion of buying decision of Djarum Coklat cigarettes in Cijangkar village of Sukabumi Regency. Therefore the method used is by the method of survey with the sample withdrawal technique using  probability sampling, then in the sample can be as many as 72 people from the existing population. The population in this research is a retailer selling Djarum Coklat cigarettes in Cijangkar village, Sukabumi District. The type of research used is quantitative verificative. The data analysis methods in this study used multiple linear regression analyses with the intention of knowing the direction of the relationship between the independent variable (X1) and the Independent variable (X2) with the dependent variable (Y). Thus the results were obtained that the variable price and promotion partially influential significantly on the purchasing decision. And the variable price and promotion simultaneously significantly influence the decision to purchase the retailer Djarum Coklat cigarette in Cijangkar village Sukabumi Regency.

Keywords: price, promotion, purchase decision

Aabstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui harga dan promosi yang dilakukan di pengecer Rokok Djarum Coklat yang berada di Desa Cijangkar Kabupaten Sukabumi, dan untuk mengetahui tanggapan responden mengenai harga dan promosi serta untuk mencari seberapa besar pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian rokok Djarum Coklat di Desa Cijangkar Kabupaten Sukabumi. Jenis penelitian yang digunakan adalah verifikatif kuantitatif.Metode yang digunakan adalah dengan metode survey dengan Teknik penarikan sampel menggunakan probabilitysampling, kemudian di dapat sample sebanyak 72 orang dari populasi yang ada. Populasi dalam penelitian ini adalah pengecer yang menjual rokok Djarum Coklat di Desa Cijangkar Kabupaten Sukabumi.. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan tujuan untuk mengetahui arah hubungan antara variabel harga (X1) dan variabel promosi (X2) dengan variabel keputusan pembelian (Y). Dengan demikian didapat hasil bahwa variabel harga dan promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Dan variabel harga dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pengecer Rokok Djarum Coklat di Desa Cijangkar Kabupaten Sukabumi.

Kata kunci: harga, promosi, keputusan pembelian


Keywords


harga, promosi, keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Alma, H. B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa (Alfabeta, ed.). Bandung.

Berman, & Evan. (n.d.). Retail Managementâ€. 12th Edition. Jakarta: Pearson.

E.M, S., & Sopiah. (2014). Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogykarta: Andi.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2014). Principles of Marketing, 12th Edition, Jilid 1 (Erlangga, ed.). Jakarta.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2014). Manajemen Pemasaran Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga.

Peter, & Olson. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Kesembilan. Diterjemahkan oleh: Diah Tantri Dwiandani. Jakarta: Salemba Empat.

Riduan, A. (2011). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.

Santoso, I. (2016). Peran Kualitas Produk dan Layanan, Harga dan Atmosfer Rumah Makan Cepat Saji terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen Teknologi, 15(1), 94–109. https://doi.org/10.12695/jmt.2016.15.1.7

Setiadi, J. N. (2010). Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana.

Singgih, S. (2018). Menguasai Statistik dengan SPSS 25. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Subekti, S. (2017). Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Keputusan Membeli Tiket Maskapai Penerbangan Lion Air Rute Lampung-Jakarta The Effect of Promotion and Price on Decision to Purchase Lion Air Ticket Lampung-Jakarta Route. Warta Penelitian Perhubungan, 29(1), 123–140. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25104/warlit.v29i1.276

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuntitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Yogykarta: Andi.

Umar, H. (2009). Metode Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi Ke Dua. Jakarta: Rajawali Pers.

Utami, Christina, W. (2017). Manajemen Ritel (Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia (S. Empat, ed.). Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i1.19726

Flag Counter   Â