Pengaruh Kesadaran Halal dan Pengetahuan Produk Halal terhadap Keputusan Pembelian pada Wisata Halal di Bali

Nuralim Saputra, Ratih Tresnati

Abstract


Abstract. The purpose of this study was to determine the implementation of Halal Awareness and Halal Product Knowledge on consumers, to determine the Purchasing Decision on Halal Tourism in Denpasar City and to find out how much influence the Awareness of Halal and Halal Product Knowledge on Purchasing Decisions. The method used is a survey method and sampling technique is non-probability sampling. This type of research is quantitative verification. The population in this study is anyone who accidentally met with the researcher. The sample taken was 100 respondents. The data analysis method used is multiple linear analysis aimed to determine the direction of the relationship between Halal Awareness and Halal Product Knowledge as an independent variable with the Purchase Decision as the dependent variable. The results of this test stated that the Halal Awareness variable partially had a significant effect on Purchasing Decisions, and the Halal Knowledge Knowledge variable partially had a significant effect on the Purchasing Decision. And Stimultaneously the variable Halal Awareness and Halal Product Knowledge significantly influences Purchasing Decisions on Halal Tourism in Bali.

Keywords: Halal Awareness, Halal Product Knowledge, Purchasing Decisions

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Kesadaran Halal dan Pengetahuan Produk Halal pada konsumen, untuk mengetahui Keputusan Pembelian pada Wisata Halal di Kota Denpasar dan untuk mencari seberapa besar pengaruh Kesadaran Halal dan Pengetahuan Produk Halal terhadap Keputusan Pembelian. Metode yang digunakan adalah metode survei dan teknik penarikan sample adalah non-probability sampling. Jenis penelitian ini adalah verifikatif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siapa saja yang secara kebetulan/incidental bertemu dengan peneliti. Sample yang diambil adalah 100 orang responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis linear berganda bertujuan untuk mengetahui arah hubungan antara Kesadaran Halal dan Pengetahuan Produk Halal sebagai variabel independen dengan Keputusan Pembelian sebagai variabel dependen. Hasil pengujian ini menyatakan bahwa variabel Kesadaran Halal secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, dan variabel Pengetahuan Produk Halal secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Dan Secara Stimultan variabel Kesadaran Halal dan Pengetahuan Produk Halal berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Wisata Halal di Bali.

Kata kunci: Kesadaran Halal, Pengetahuan Produk Halal, Keputusan Pembelian


Keywords


Kesadaran Halal, Pengetahuan Produk Halal, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Al Hasan, F. A. (2017). Penyelenggaraan Parawisata Halal di Indonesia (Analisis Fatwa DSN-MUI tentang Pedoman Penyelenggaraan Pariwisata Berdasarkan Prinsip Syariah). Al-Ahkam, 2(1), 59–77. https://doi.org/10.22515/al-ahkam.v2i1.699

Abdul, J., Shaari, N., & Shahira, N. (2010). Dimension of Halal Purchase Intention : A Preliminary Study Shaari & Arifin. International Review of Business Research Papers, 6(4), 444–456. https://doi.org/10.7763/IJSSH.2015.V5.413

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arifin. 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Buchari Alma., 2016 Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta

Badan Pusat Satistik. (2015). Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara Selama Tahun 2014. Retrieved January 20, 2020, from https://www.bps.go.id/pressrelease/2015/02/02/1104/jumlah-kunjungan-wisatawan-mancanegara-selama-tahun-2014-mencapai-9-44-juta-kunjungan--naik-7-19-persen-dibanding-kunjungan-selama-tahun-2013.html

databoks. (2019). Jumlah Penduduk Indonesia 2019 Mencapai 267 Juta Jiwa. Retrieved September 19, 2019, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/01/04/jumlah-penduduk-indonesia-2019-mencapai-267-juta-jiwa

detikTravel. (2019). Ini Syarat Minimal Wisata Halal Bali. Retrieved November 7, 2019, from https://travel.detik.com/travel-news/d-4446643/ini-syarat-minimal-wisata-halal--bali-tetap-bisa-menjadi-bali

Dinas Pariwisata. (2018). Keparwisataan Kota Denpasar. Denpasar.

Hastjarjo, D. (2015). Sekilas Tentang Kesadaran (Consciousness). Buletin Psikologi Universitas Gadjah Mada. Fakultas Psikologi, 13(2). https://doi.org/10.22146/bpsi.7478

Inclusive, A. (2018). State of the Global Islamic Economy. State of the Global Islamic Economy, 1–112.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Lin Long-Yi dan Chun-Shuo Chen. 2006. The influence of the country-of-origin image, product knowledge and product involvement on consumer purchase decisions: an empirical study of insurance and cateringservices in Taiwan. Journal of Consumers Marketing Vol 23 no. 5 2006.

Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

O’Cass, Aron. 2011. Exploring Purchase Decision Involvement’s Influence On Product Knowledge And Confidence.

Octaviawati, D. S. (2018). Kesadaran Halal, Keyakinan Agama, dan Persepsi Pribadi Terhadap Niat Pembelian Produk Halal. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Peter J. Paul dan Jerry C. Olson. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat. 2014.

Rezvani, Samin, dkk. 2012. A Conceptual Study on the Country of Origin Effect on Consumer urchase Intention. Asian Journal of Soial Science : Vol. 8, No. 12;2012 205-215.

Roslina. 2009. Pengaruh Pengetahuan Produk dan Citra Merek Terhadap Pembelian Produk. Jurnal Manajemen dan Bisnis.Vol 10, No 2.2009. ISSN: 1412 – 3681.

Sentral Berita. (2015). Kekayaan Alam dan Budaya Komponen Penting Pariwisata Indonesia. Retrieved January 22, 2020, from https://sentralberita.com/2015/12/548/

Shirin, Khosrozadeh et al. 2011.The Effect Of The Country-Of-Origin Image, Product Knowledge And Product Involvement On Consumer Purchase Decisions, 10(8): 601.615.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.

Tjipto, Fandi, dan Candra, Gregorius, dkk, 2008, Pemasaran Stategi,. Yogyakarta: CV Andi Offset

Vristiyana, V. M. 2019. Pengaruh Religiusitas dan Pengetahuan Produk Halal Terhadap Penilaian Produk Halal dan Minat Pembelian Produk Halal. 85–100.

Yunuz M., Rashid W., Ariffin M., & R. M. (2014). Muslim‟s Purchase Intention Towards Non-Muslim‟s Halal Packaged Food Manufacturer. Procedia. Social And Behavioral Sciences. , 145 – 154.

Zeithaml, Valarie A. 1988. Consumer Perception of Price, Quality, and Value : A Means – End Model and Synthess of Evidence. Journal of Marketing. Vol.52 (july) ,p.2-22

https://scholar.google.com

http://bimextour.co.id/about/




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i1.19580

Flag Counter   Â