Pengaruh Sukuk Subordinasi Mudharabah terhadap ROA dan FDR

Muhammad Salman Alfarisi, Azib Azib, Lufthia Sevriana

Abstract


Abstract.  The essence of syariah banks in Indonesia There Are companies who issue bonds Syariah Banking. The issuance of sharia bonds be able to provide the effect on profitability and liquidity becaus it was a signal to investors to know conditions the company currentl and to approximate estimates in the future. Syariah bonds is syariah financial instrument in the capital market that refers to principles of syariah (islamic law) research aims to understand whether there is influence of the issuance of sharia bonds on againts roa and fdr of syariah banks in indonesia. Descriptive method was used in the study technique banking survet in issuing most sought global bonds worth at indonesia stock exchange with he analysis of secondary data using the quantitative methods. An instrument analysis used is linear regression and the worship of idols with the help of the prigram spss 17.0 the result of this researc showed that the influence of variable indepen.

Keywords :  syariah bonds mudharabah, return on assets, financing deposit ratio

Abstrak. Di perbankan syariah indonesia terdapat beberapa perusahaan yang perbankan yang menerbitkan obligasi syariah. Penerbitan obligasi syariah ini bisa memberikan pengaruh terhadap profitabilitas dan likuiditas maka dari itu hal ini merupakan sinyal bagi investor untuk mengetahui konidisi perushaan saat ini dan perkiraan perkembangnnya di masa datang. Obligasi syariah (sukuk) merupakan instrument keuangan di pasar modal syariah yang mengacu pada prinsip-prinsip syariah (hukum islam). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerbitan obligasi syariah terhadap ROA dan FDR pada perbankan syariah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik survey pada perbankan yang menerbitkan obligasi di Bursa Efek Indonesia dengan analisis data sekunder menggunakan metode kuantitatif. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan program. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel indepent mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel dependen. Hal ini dibuktikan dengan besarnya pengaruh penerbitan obligasi syariah terhadap Return On Asset dan Financing deposit ratio  jika dilihat menggunakan presentase maka menjadi 12.7% sedangkan sisanya 87.3% dipengaruhi oleh variabel lainya.

Kata Kunci : Sukuk subordinasi Mudharabah, Return On Asset, Financing Deposit Ratio.


Keywords


Sukuk subordinasi Mudharabah, Return On Asset, Financing Deposit Ratio.

Full Text:

PDF

References


Brigham, Eugene F. dan Joel F. Houston.2009. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Buku Satu,Edisi kesepuluh, Alih bahasa Ali Akbar Yulianto. Jakarta : Salemba Empat.

Dendawijaya, Lukman. (2009). ManajemenPerbankan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Harahap, Sofyan Syafri. 2009. Teori Kritis Laporan Keuangan. Jakarta: Bumi Aksara

Kieso, Donald E., Jerry J. Weygandt, dan Terry D. Warfield, 2002. Akuntansi Intermediete, Terjemahan Emil Salim, Jilid 1, Edisi Kesepuluh, Penerbit Erlangga, Jakarta.

S. Munawir. (2010). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty

Sadeli, Lili M, Haji(2011), Dasar-dasar Akuntansi. Jakarta: PT. Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.19122

Flag Counter   Â