Pengaruh Penetapan Harga terhadap Keputusan Pembeli

Mr. Abdulhafis Waji, Dede R. Oktini, M. Malik Akbar Rohandi

Abstract


Abstract. The purpose of this study was to determine the pricing of Nike shoes, to determine consumer responses about pricing of Nike shoes, to determine the level of Nike shoes purchasing decision, and to find out how much influence the price of products on Nike shoes purchasing decisions. The research method used is a survey method, this type of research is descriptive verification. The sampling technique used was accidental sampling. The population in this study were 100 respondents who bought Nike shoes. Data collection techniques used were questionnaires. Data analysis method used is multiple linear analysis to determine the direction of the relationship between the independent variable (X) with the dependent variable (Y). The results of this study state that the application of prices offered in the city of Patani-Thailand is not optimal and there is still much to be improved. Respondents regarding the price of Nike shoes offered in Patani City-Thailand in the sufficient category. Respondents regarding the decision to buy Nike shoes in the Good category. There is a partially significant effect between prices on purchasing decisions, and there is a simultaneous effect between prices on purchasing decisions.

Keywords: Price, Purchase Decision

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penetapan harga sepatu Nike, untuk mengetahui tanggapan konsumen tentang penetapan harga sepatu Nike, untuk mengetahui tingkat keputusan pembelian sepatu Nike, dan untuk mencari seberapa besar pengaruh harga produk terhadap keputusan pembelian sepatu Nike. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey, jenis penelitian ini adalah deskriptif verifikatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 100 responden yang membeli sepatu Nike. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis linier berganda untuk mengetahui arah hubungan antara variabel independent (X) dengan variabel dependent (Y). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penerapan Harga yang ditawarkan di Kota Patani-Thailand belum optimal dan masih banyak yang harus diperbaiki. Tanggapan responden mengenai Harga sepatu Nike yang ditawarkan di Kota Patani-Thailand dalam kategori cukup. Tanggapan responden mengenai keputusan pembelian sepatu Nike dalam kategori Baik. Terdapat pengaruh signifikan secara parsial antara harga terhadap keputusan pembelian, dan terdapat pengaruh secara simultan antara harga terhadap keputusan pembelian.

Kata Kunci: Harga, Keputusan Pembelian


Keywords


Harga, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Ali, Hasan. 2013. Marketing dan Kasus-kasus Pilihan. Yogyakarta. CAPS (Center For Academic Publishing Service)

Andi Supangat. 2010. Statistika Dalam Kajian Deskriptif, Inferensi, dan Nonparametrik. Jakarta: Kencana.

Djaslim Saladin, 2012, Manajemen Pemasaran,Analisis Perencanaan

Pelaksanaan, Unsur-unsur Pemasaran, CV. Linda Karya, Bandung.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller, 2013, Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Philip Kotler & Kevin Lane Keller,Marketing management,2012,Pearson International Edition, The 14th Edition,., New Jersey : Pearson Education International, Inc

Kotler, Philip (2018). Manajemen Pemasaran. Jilid 1, Edisi Kesebelas. Jakarta: P.T Indeks Gramedia

Kotler, Phillip dan Gary Amstrong. 2018. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 15 Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Gary Armstrong, 2012. Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.18736

Flag Counter   Â