ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE STATISTICAL QUALITY CONTROL (SQC) PRODUK SEPATU PRIA UNTUK MEMINIMUMKAN PRODUK CACAT (STUDI KASUS CV.VALENTINO SHOES KABUPATEN BANDUNG)

Dewi Astriyani, Tasya Aspiranti, Nining Koesdiningsih

Abstract


CV.Valentino Shoes merupakan perusahaan yang memproduksi sepatu pria. Salah satu tantangan utama yang sering dihadapi perusahaan ini adalah proses produksi telah dilaksanakan dengan baik, namun realitasnya masalah produk cacat masih cukup tinggi bahkan cenderung meningkat

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh kajian tentang pelaksanaan pengendalian kualitas produk sepatu yang dilakukan oleh CV.Valentino Shoes dalam upaya meminimumkan produk cacat. Pengendalian kualitas menggunakan diagram pareto, peta kendali p dan diagram tulang ikan. Metode untuk pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan metode Statistical Quality Control.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pengendalian kualitas produk sepatu pria yang telah dilakukan oleh CV.Valentino Shoes dalam upaya meminimumkan produk cacat dilakukan atas bahan baku, proses produksi, dan produk jadi. Penerapan metode Statistical Quality Control tepat digunakan untuk pengendalian kualitas produk sepatu pria. Karakteristik kualitas atau jenis cacat paling banyak terjadi pada proses produksi pembuatan sepatu pria adalah pengeleman tidak sempurna. Pengendalian kualitas sepatu berdasarkan metoda kendali p masih dalam batas normal. Berdasarkan diagram sebab-akibat terdapat empat faktor penyebab permasalahan munculnya jenis cacat yaitu manusia, mesin, bahan baku, metode kerja dan lingkungan.

 


Keywords


Pengendalian kualitas dan Statistical Quality Control

References


Ariani, Wahyu Dorothea, 2001, Manajemen Kualitas Pendekatan Sisi Kualitatif, Jakarta, Ghalia Indonesia.

David L. G, and B. D. Stanley, 1997, Introduction To Total Quality, Quality Management For Production, Processing and Services, Prentice Hall International, Inc, London.

Ervianto, 2004, Anggaran Perusahaan Buku I. Yogyakarta: BPFE.

Gitosudarmo, H.Indriyo. 2002. Manajemen Operasi. Edisi Kedua. Yogyakarta : BPFE Fakultas Ekonomi UGM.

Gordon, Hilton & Wlsch, 2008, Anggaran Perencanaan dan Pengendalian Laba. Salemba Empat. Jakarta

Hani Handoko, 2000, Total Quality Management. Yogyakarta: Andi Offset.

Hansen, Don R. dan Maryanne M.Mowen, 2007, Akuntansi Manajemen. Edisi ke-4. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Heizer, Jay., Render, Barry. 2006. Operations Management (Manajemen Operasi). Jakarta : Salemba Empat.

Hunger, J.david dan Thomas L.wheelen, Manajemen Strategis , Yogyakarta : ANDI Yogyakarta

Liana, A dan Yandra, A. 2002. Pengendalian Kualitas Pada Proses Produksi Kertas Medium Di PT. Indah Kiat Pulp & Paper Serang Mill. Jurnal Teknik Industri Pertanian:12(1) : 27-36.

Nasution, M.N. 2005. Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta: Salemba Empat.

Prawirosentono, S. 2004. Filosofi Baru Tentang Manajemen Mutu Terpadu Total Quality Management Abad 21 (Studi dan Kasus). Ed 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Roberta Russell and Bernard W Taylor III. “Operations Managementâ€. 5th Edition. John Wiley & Sons. 2006

Sofjan Assauri, 2004, Manajemen Produksi dan Operasi, LPFE – UI Edisi Revisi, Jakarta.

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Kelima, ALFABETA, Bandung.

Suradi, 2012, Pengendalian Kualitas Produk Bandeng Presto Dengan Menggunakan Metode Fishbone Pada Perusahaan Sahabat Bandeng Pangkep, ILTEK,Volume 7, Nomor 14, Oktober 2012

Vincent Gasperz, 2005. Total Quality Management. Cetakan 3. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Zulian Yamit, 2004. Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Yogyakarta: Ekonosia




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1839

Flag Counter   Â