Pengaruh Gadget Mania terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Melalui Motivasi Belajar sebagai Variabel Intervening pada Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung Angkatan 2015-2017

Anisa Fitri, Sri Suwarsi, Allya Roosallyn Assyofa

Abstract


Abstract. This research is conducted based on the phenomenon that there are students who are addicted to gadgets, so it can affect daily activities. Thus the research is done with the aim to know the level of gadget mania, learning motivation, and learning achievement at the Faculty of Economics and Business of Bandung Islamic University 2015-2017. In addition to analyzing how gadget Mania influences the achievement of learning through motivation as variable intervention in the Faculty of Economics and Business of Bandung Islamic University 2015-2017. The sample withdrawal technique is the probability of sampling proportional berstratification random sampling by using Slovin formulas. The methods used in this study are descriptive methods and verification methods with respondents amounting to as many as 94 people using techniques in data collection namely field research and literature research. The results of this study concluded that: 1) gadget level Mania in Student/I Faculty of Economics and Business of Bandung Islamic University is classified as high category. 2) level of motivation to study in student/I Faculty of Economics and Business of Bandung Islamic University belongs to high category. 3) The level of achievement of student studies/I Faculty of Economics and Business of Bandung Islamic University is classified as high category. 4) gadget Mania negatively affects and significance for learning achievements. 5) gadget Mania negatively affects and is significant to the motivation of learning. 6) motivation to know the positive and significant impacts on achievement of learning. 7) Gadget mania simultaneously has an influence on achieving learning through motivational learning. From this research can be concluded that there is influence of gadget Mania on the achievement of students ' learning through motivational learning.

Keywords: Gadget Mania, motivation learning, learning achievements

Abstrak. Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena yang terjadi bahwa terdapat mahasiswa yang mengalami kecanduan terhadap gadget, sehingga dapat mempengaruhi aktivitasnya sehari-hari. Dengan demikian penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat Gadget Mania, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar pada Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung Angkatan 2015-2017. serta menganalisis bagaimana Pengaruh Gadget Mania terhadap Prestasi Belajar melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening pada Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung Angkatan 2015-2017. teknik penarikan sampel adalah probability sampling yakni proportionate stratified random sampling dengan penggunaan rumus slovin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan metode verifikatif dengan  responden berjumlah sebanyak 94 orang dengan menggunakan teknik dalam pengumpulan data yakni penelitian dilapangan dan penelitian kepustakaan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Tingkat Gadget Mania pada Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung termasuk kategori tinggi. 2) Tingkat Motivasi Belajar pada Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung termasuk kategori tinggi. 3) Tingkat Prestasi Belajar pada Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung termasuk kategori tinggi. 4) Gadget Mania berpengaruh negatif dan signifikansi terhadap Prestasi Belajar. 5) Gadget Mania berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar. 6) Motivasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar. 7) Gadget Mania secara simultan memiliki pengaruh terhadap Prestasi Belajar melalui Motivasi Belajar. Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan yakni terdapat pengaruh Gadget Mania terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa melalui Motivasi Belajar.

Kata Kunci: Gadget Mania, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar


Keywords


Gadget Mania, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Alraheed, Kharisma Bismi. 2018. “Hubungan Antara Kecanduan Gadget Dengan Kecerdasan Emosi Pada Remajaâ€. Dalam journal Sains Psikologi jilid 7 No. 2, November 2018.

Hudaya, Adeng. 2018. Pengaruh Gadget Terhadap Sikap Disiplin dan Minat Belajar Peserta Didik. Dalam Research and Development Journal of Education. Vol 4 No. 2 April 2018.

A.M. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika aditama.

A.M, Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Firdianti, Arinda. 2018. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Yogyakarta: Gre Publishing




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.18034

Flag Counter   Â