Pengaruh Layanan Purna Jual terhadap Keputusan Pembelian pada Smartphone Advan di Kota Bandung

Tedy Abdul Majid

Abstract


Abstract.TheepurposeEofEthisEstudyEwasEtoEdetermine after-sales services offered by advan smartphone in the City of Bandung, toefindeoutetheeresponseseoferespondentseregarding after-sales services offered, to find out the responses of respondents regarding purchase decisions, to determine the effect of after-sales service on purchasing decisions. The research method used is a survey method, this type of research is descriptive verification. The sampling technique used was accidental sampling. The population in this study were 100 respondents who had used advan smartphones. Data collection techniques used were questionnaires. Data analysis method used is a simple linear analysis to determine the direction of the relationship between the independent variable (X) with the dependent variable (Y). The results of this study stated that after-sales services offered after-sales services have not been optimal and thereeisestillemuchethateneeds toebe improved. Respondents regarding the after-sales services offered by Advan smartphone in the category are sufficient. Respondents regarding the decision to buy smartphone advan in the bad category. Thereeiseaesignificanteinfluenceebetween after-sales service onepurchasing decisionseon advan Bandung smartphone. 

Keywords: After sales service, purchase decision

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui layanan purna jual yang ditawarkan smartphone advan Dikota Bandung, untuk mengetahui tanggapan responden mengenai layanan purna jual yang ditawarkan, untuk mengetahui tanggapan responden mengenai keputusan pembelian, untuk mengetahui besar pengaruh layanan purna jual terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey, jenis penelitian ini adalah deskriptif verifikatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 100 responden yang telah menggunakan smartphone advan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis linier sederhana untuk mengetahui arah hubungan antara variabel independent (X) dengan variabel dependent (Y). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa layananepurnaejualeyang ditawarkan layananepurnaejual belum optimal dan masih banyak yang harus diperbaiki. Tanggapanerespondenemengenaielayananepurna jual yang ditawarkan smartphone advan dalam kategori cukup. Tanggapan responden mengenai keputusan pembelian smartphone advan dalam kategori buruk. Terdapat pengaruh  cukup besar antara layanan purna jual terhadap keputusan pembelian pada smartphone advan Dikota Bandung.

Kata Kunci: Layanan purna jual, KeputusanEPembelian


Keywords


Layanan purna jual, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2012. prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta:Erlangga

Tentang Advan.(2019) Diambil kembali dari https://www.advandigital.com/about-advan

Asnandar Simanjuntak (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Layanan Purna Jual Terhadap KeputusanePembelian (Survei Pada Konsumen Sepeda Motor Merek Honda Di Kota Malang, Jawa Timur). Jurnal Administrasi Bisni (JAB) Vol.55,No.3

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta..

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Boston: Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. 2013. Marketing Management: Horison Editions 14^th New Jersey: Pearson Prentice Hall.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.17758

Flag Counter   Â