PENGARUH SISTEM INSENTIF TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN (STUDY KASUS PADA PT. SURYA CITRA TELEVIVI (SCTV) TBK)

Adimas Ramadhan, Sri Suwarsi, Aminudin Irfani

Abstract


Sistem Insentif merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas kerja dalam suatu organisasi. Dengan meningkatnya kepuasan kerja dalam organisasi akan meningkatkan kinerja dari perusahaan itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan sistem insentif terhadap kepuasan kerja karyawan di PT Surya Citra Televisi Tbk (SCTV) Senayan City.

Jenis penelitian adalah menggunakan penelitian deskriptif verifikatif dan teknik penarikan sampel dengan cara total sampling dengan jumlah 51 orang karyawan di PT Surya Citra Televisi Tbk (SCTV) Senayan City, metode analisis statistik yang digunakan dengan analisis deskripsi dan analisis regresi sederhana.

Berdasarkan tanggapan responden pelaksanaan sistem insentif terhadap kepuasan kerja karyawan berada dalam kategori sangat kecil. Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem insentif mempunyai hubungan yang cukup kuat dengan kepuasan kerja karyawan di PT Surya Citra Televisi Tbk (SCTV) Senayan City, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,531 atau 9,5%, dan koefisien determinan (R square/R²)sebesar 28,2%, artinya sistem insentif mempengaruhi kepuasan kerja sebesar 28,2% sedangkan sisanya 71,8% dipengaruhi faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.


Keywords


Sistem Insentif, Kepuasan Kerja

References


Rivai, Veitzal., 2003, Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik, Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada.

Mangkunegara, Anwar Prabu., 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Remaja Rosdakarya. Bandung

Marihot., 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Grasindo.

Hasibuan, Malayu S.P. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara

Komarudin. 1994. Ensiklopedia Manajemen. Jakarta : Bumi Aksara

Moekijat. 1999. Manajemen Sumber Daya Manusia (Manajemen Kepegawaian). Bandung : Mandar Maju

Nawawi, Handari. 1997. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis Yang Kompetitif. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press

Prabu Mangkunegara, A.A. Anwar. 2010. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung : PT. Refika Aditama




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1726

Flag Counter   Â