PENGARUH STRES KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI DEALER YAMAHA CABANG PT JAYAMANDIRI GEMASEJATI MOTOR BANDUNG

Muhammad Ibrahim Iskandar, Sri Suwarsi, Dudung Abdurrahman

Abstract


Sumber daya manusia (karyawan) merupakan aset yang paling penting bagi perusahaan, dimana pada hakekatnya berfungsi sebagai faktor penggerak bagi setiap kegiatan didalam perusahaan. Suatu perusahaan dalam melakukan aktivitasnya untuk mencapai tujuan yang diinginkan, perlu adanya manajemen yang baik terutama sumber daya manusia karena sumber daya manusia merupakan modal utama dalam merencanakan, mengorganisir, mengarahkan serta menggerakkan faktor-faktor yang ada dalam suatu perusahaan. Dari latar belakang pemikiran yang telah diuraikan di atas itulah maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian pada PT Jayamandiri Gemasejati Motor  Bandung, mengenai pengaruh stres kerja terhadap kinerja karyawan.

Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai stres kerja, kinerja karyawan, serta pengaruh dari stres kerja terhadap kinerja karyawan di PT Jayamandiri Gemasejati Motor  Bandung yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif. Sampel sebanyak 30 responden diperoleh dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Sementara itu, pengumpulan data dilakukan dengan  kuesioner dan wawancara  mendapatkan data primer. Pengumpulan data sekunder dilakukan dengan riset kepustakaan. Analisis regresi sederhana digunakan dalam penelitian ini untuk menganalisis data secara statistik.

Hasil penelitian  ini menunjukkan adanya pengaruh  stres kerja terhadap kinerja karyawan sebesar 24,7% sedangkan 75,3%  sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Keywords


Stres kerja, kinerja karyawan

References


As’ad, Moh, 2004. Psikologi Industri: Seri ilmu Sumber Daya Manusia, Penerbit Liberty, Yogyakarta.

Greenberg, J.,&Baron,R.A. 1993. Behavior In Organizations:Understanding And Managing The Human Side Of Work.USA:Allyn& Bacon .

Malayu SP Hasibuan. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, Bumi Aksara Jakarta.

Mangkunegara, A. A, Anwar Prabu. 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia, Refika Aditama, Bandung.

Rivai, Veitzal & Ella Jauvani Sagala, 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1678

Flag Counter   Â