PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi kasus Go-Jek di Bandung)

Cantika Puspa Firdausya, Dede R Oktini

Abstract


Abstract. The purpose of this study is to find out the application of electronic service quality done by GO-JEK, to know the consumer response about product quality produced by GO-JEK, to know consumer purchase decision to GO-JEK services, and to find out how much influence of product quality to GO-JEK consumer purchase decision.The research method used is survey method. The type of research conducted is verifikatif. The sampling technique used is incidental sampling. The sample in this research is 100 respondents who had bought the service in GO -JEK Bandung. Data collection technique used is questionnaire. Data analysis method used is Simple Linear Regression Analysis to know the direction of relationship between independent variable with dependent variable.The application of electronic service quality in GO-JEK is good. Response from consumer regarding GO-JEK’s sevice quality can be said quite good. Response regarding consumer purchase decision can be said quite good. The results of this study indicate the influence of electronic service quality on consumer purchase decision.

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kualitas Pelayanan elekronik yang dilakukan oleh GO-JEK, untuk mengetahui tanggapan konsumen tentang kualitas pelayanan elektroni yang dihasilkan oleh GO-JEK, untuk mengetahui keputusan pembelian konsumen terhadap layanan GO-JEK, dan untuk mencari seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan elektronik terhadap keputusan pembelian konsumen di perusahaan GO-JEK

 

Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Jenis penelitian yang dilaksanakan bersifat verifikatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah insidental sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang responden yang pernah menggunakan layanan GO-JEK di Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Sederhana untuk mengetahui arah hubungan anatara variabel independen dengan variabel dependen.

 

Penerapan kualitas pelayanan elektronik GO-JEK sudah dapat dikatakan baik. Tanggapan konsumen mengenai kualitas pelayanan elektronik GO-JEK, dapat dikatakan cukup baik. Tanggapan mengenai keputusan pembelian konsumen di GO -JEK, dapat dikatakan cukup baik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh kualitas pelayanan elektronik terhadap keputusan pembelian konsumen.


Keywords


Consumer Purchase Decision. Electronic Service Quality. Kualitas Pelayanan Elektronik. Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Anwar, iful. 2015. Pengaruh Harga dan Kualitas layanan elektronik ( E-Service Quality) Terhadap Kputusan Pembelian “Bunchbead

Kota Malangâ€. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol. 4, No. 12. ISSN: 2461-0593.

Kotler, Phillip dan keller. 2013.

Manajemen Pemasaran Jilid 1

Edisi 13. Erlangga.

Putri , H. E., EP, A., dan Budiatmo, A. 2015. Pengaruh Kualitas layanan elektronik ( E-Service Quality) dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sirup Freiss Indofood

Volume 5, No. 1, Tahun 2019

Pengaruh Kualitas Pelayanan Elektronik Terhadap Keputusan Pembelian | 7

(Studi Kasus pada Konsumen Sirup

Freiss Indofood di Kota Semarang).

Tjiptono, Fandy dan Gregorius

Chandra. 2012. Pemasaran

Strategik. Edisi Kedua. Andi,

Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.16189

Flag Counter   Â