Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Mie Instan Merek Samyang di Kota Bandung (Survey Konsumen Mie Instan Merek Samyang di Kota Bandung)

Dhina Isnaini Sholihaat, Dede R Oktini

Abstract


Abstract. This research is aimed to find out how the application of brand image and brand trust in Samyang brand instant noodle products, to find out the responses of respondents about the brand image of Samyang noodle, to find out the responses of respondents about the brand trust of Samyang noodle, to find out the responses of respondents about the purchase decision and how much influence the brand image and brand trust on purchasing decisions. The research method used is the survey method. The type of research conducted is quantitative verification. The sampling technique used is non probability simple random sampling. The sample in this research is 100 respondents who had bought Samyang noodle products. The data collection technique used is  a questionnaire. The data analysis method used is Multiple Linear Regression Analysis to determine the direction of the relationship between the independent variables and the dependent variable.The application of brand image and brand trust in Samyang noodle products is good. Consumer responses regarding Samyang's instant noodle product brand image can be said quite good. Consumer responses regarding Samyang's instant noodle product brand trust can be said quite good. Consumer responses regarding purchase decisions on Samyang instant noodle products can be said quite good. The results of this research indicate the influence of brand image and brand trust on consumer purchase decisions. 

Keywords : Brand Image, Brand Trust, Purchase Decision

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan citra merek dan kepercayaan merek pada produk mie instan merek Samyang, untuk mengetahui tanggapan responden tentang citra merek mie Samyang, untuk mengetahui tanggapan responden tentang kepercayaan merek mie Samyang, untuk mengetahui tanggapan responden tentang keputusan pembelian produk Samyang dan untuk mencari seberapa besar pengaruh citra merek dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Jenis penelitian yang dilaksanakan bersifat kuantitatif verifikatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang responden yang pernah membeli produk mie Samyang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda untuk mengetahui arah hubungan anatara variabel independen dengan variabel dependen. Penerapan citra merek dan kepercayaan merek pada produk mie Samyang sudah dapat dikatakan baik. Tanggapan konsumen mengenai citra merek produk mie instan Samyang dapat dikatakan cukup baik. Tanggapan konsumen mengenai kepercayaan merek produk mie instan Samyang dapat dikatakan cukup baik. Tanggapan konsumen  mengenai keputusan pembelian pada produk mie instan Samyang dapat dikatakan cukup baik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh citra merek dan kepercayaan merek produk terhadap keputusan pembelian konsumen.

 

Kata Kunci : Citra Merek, Kepercayaan Merek, Keputusan Pembelian


Keywords


Citra Merek, Kepercayaan Merek, Keputusan Pembelian. Brand Image, brand trust, purchase decision

Full Text:

PDF

References


A, Shimp,Terence (2003). Periklanan

Promosi & Aspek Tambahan

Komunikasi

Pemasaran.Terpadu, Jilid I

(edisi 5), Jakarta: Erlangga.

Arifin. (2011). Metode Penelitian

Kualitatif, Kuantitatif, dan R &

D. Bandung: Alfabeta.

C. Mowen, John & Michael

Minor.(2002) Perilaku

Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Ika, Nuruni dan Kustini. (2011).

Experiental Marketing,

Emotional Branding, and

Brand Trust and their Effect on

Loyalty on Honda Motorcycle

Product. Journal of

Economics, Business, and

Accountancy Ventura, Vol. 14,

No. 1, April 2011, pp. 19-28.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller.

(2009). Manajemen

Pemasaran Edisi 13 Jilid 1.

Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller.

(2009). Manajemen

Pemasaran Edisi 13 Jilid 2.

Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Gary Armstrong.

(2008). Prinsip-prinsip

Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1.

Jakarta: Erlangga

Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Cetaka ke-20. Bandung: Alfabet




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.15983

Flag Counter   Â