PENGARUH TANGGUNG JAWAB SOSIAL TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (Studi Kasus Pada Bank Perkreditan Rakyat Di Bandung Raya Dan Sumedang)

Faridah Shafa Annadhirah, Nurdin Nurdin, H. Azib

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Tanggung Jawab Sosial terhadap Keunggulan Bersaing pada BPR wilayah Bandung Raya dan Sumedang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode descriptive survey. Teknik penarikan sampel dengan cara convenience sampling dengan jumlah 30 perusahaan BPR yaitu 28 perusahaan di Bandung Raya dan 2 perusahaan di Sumedang.

Metode analisis statistik yang digunakan dengan analisis deskripsi, teknik Structural Equation Models (SEM), uji normalitas, uji validitas, uji reliabilitas, uji t, dan uji signifikasi. Diukur dengan menggunakan software Spss Amos versi 19 dan microsoft excel 2010.

Nilai rata-rata tertinggi pada variabel X (Tanggung Jawab Sosial) yang terjadi pada Bank Perkreditan Rakyat di Bandung Raya dan Sumedang ini berada pada indikator tanggung jawab institusi dan nilai rata-rata terendah terdapat pada indikator jangkauan orang miskin dan minoritas. Secara umum variabel Y (Keunggulan Bersaing) berada pada kategori cost leadership dengan nilai rata-rata 0,82 . Pengaruh Tanggung Jawab Sosial terhadap Keunggulan Bersaing pada Bank Perkreditan Rakyat di Bandung Raya dan Sumedang diketahui bahwa diperoleh nilai signifikan


Keywords


Tanggung Jawab Sosial (CSR), Keunggulan Bersaing (Competitive Advantage), Bank Perkreditan Rakyat

References


Ajilaksana, I Dewa Ketut Yudyadana. 2011. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Bharadwaj, Sundar G, P.R.Varadarajan, & Fahly, Jihn. (1993). “Sustainable Competitive Advantage in Service Industries: A Conceptual Model and Research Propositions“. Journal of Marketing. Vol.57,Oktober,p.83-99.

Chariri, Anis. 2008. Kritik Sosial atas Pemakaian Teori dalam Penelitian Pengungkapan Sosial dan Lingkungan. Jurnal Maksi, 8(2), h: 151-169.

Cheng, Megawati dan Yulius Logi Christiawan. 2011. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Abnormal Return. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 13(3), Mei 2011, h: 24-36.

Gurvy Kavei dalam Teguh , Tanggung Jawab Sosial Harus Dilakukan, Makalah pada seminar “Corporate Social Responsibilityâ€: Integrating Social Acpect into The Business, Yogyajarta, 2006.

http://rivaldiligia.wordpress.com/2012/11/06/tanggung-jawab-sosial-dan-etika-bisnis

Kotler, Philips. (2002). Manajemen Pemasaran, jilid 1. Jakarta : PT Prenhallindo

Porter, Michael, E. (1990). “Competitive Strategyâ€. The Free Press . New York,p.20.

Satyagraha, Hadi. (1994). “Keunggulan Bers aing dan Aliansi Strategis: Resefinisi SWOTâ€. Usahawan. No.4,Th.XXIII.

Sule Erni Tisnawati & Saefullah Kurniawan. 2008. “Pengantar Manajemenâ€. Jakarta. Prenada Media Group

Suprapto, Siti Adipringadi Adiwoso, 2006, Pola Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Lokal di Jakarta, Galang vol. 1 No. 2, Januari 2006.

Tunggal, Amin Widjaja, 2008, Corporate Social Responcibility, Harvarindo, Jakarta.

Wahyudi, Isa & Busyra Azheri. 2008. Corporate Social Responsibility : Prinsip, Pengaturan dan Implementasi. Malang : Inspire.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1584

Flag Counter   Â