Analisis Pemeliharaan Mesin Continuous Sealer dengan Menggunakan Metode Preventive Maintenance dan Breakdown Maintenance untuk Meminimumkan Biaya Pemeliharaan di PT. Issu Medika Veterindo Bandung

Gilang Ramandita Pratama, Nining Koesdiningsih

Abstract


Abstract.This study aims to analyze the maintenance on the PT. Issu Medika Veterindo  Bandung applied to high speed machine. To find out how deeply the maintenance system applied is preventive maintenance and breakdown maintenance. And to find out the most effective comparison in minimizing maintenance costs between preventive and breakdown. This type of descriptive research. Data collection techniques used are observation, interview and documentation. The research method used is preventive maintenance and maintenance breakdown. Based on data from PT. Issu Medika Veterindo Bandung there are 18 machines that have problems in one year out of a total of 20 machines. To minimize costs and reduce engine damage the researchers compared these two methods and found that preventive policies are more effective than breakdown policies. Rp. 5.265.000 per machine. The analytical tool used is descriptive quantitative. The results of this study indicate that, lack of maintenance by companies and technicians less check on the state of the machine. Can be seen from the results of the author who carefully where the preventive maintenance policy with 6 months once the company can reduce the maintenance costs incurred of Rp. 4,568,883.-. in one month and the resulting cost efficiency is 14  %.

Keywords: Preventive Maintenance and Breakdown Maintenance, Machine Maintenance, Maintenance

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemeliharan pada PT. Issu Medika Veterindo Bandung yang diterapkan terhadap mesin continuous sealer. Untuk mengetahui seberapa dalam sistem pemeliharaan yang diterapkan yaitu pemeliharaan preventive dan pemeliharaan breakdown. Dan untuk mengetahui perbandingan yang paling efektif dalam meminimumkan biaya pemeliharaan antara preventive dan breakdown. Jenis penelitian ini deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan adalah preventive maintenance dan breakdown maintenance. Berdasarkan data dari PT. Issu Medika Veterindo Bandung ada 18 mesin yang memiliki masalah dalam satu tahun dari total 20 mesin. Untuk meminimumkan biaya dan mengurangi kerusakan pada mesin peneliti melakukan perbandingan terhadap dua metode tersebut dan menemukan bahwa kebijakan preventive lebih efektif dari kebijakan breakdown. Rp. Rp. 5.265.000 per mesin. Alat analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, kurangnya pemeliharaan yang dilakukan oleh perusahaan dan teknisi kurang mengecek tentang keadaan mesin. Dapat dilihat dari hasil yang sudah penulis teliti dimana dengan kebijakan pemeliharaan preventive dengan 5 bulan sekali perusahaan dapat menekan biaya pemeliharaan yang dikeluarkan sebesar Rp. Rp. 4,568,883.-. dalam satu bulan dan efisiensi biaya yang dihasilkan adalah sebesar 14%

Kata kunci: Perawatan Preventif dan Perawatan Kerusakan, Perawatan Mesin, Perawatan


Keywords


Preventive Maintenance and Breakdown Maintenance, Machine Maintenance, Maintenance

Full Text:

PDF

References


Assauri, Sofjan. (2004). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.

Assauri, Sofjan. (2008). Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi Revisi, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

Chase, Richard, B., Aquilano, Nicholas, J. and Jacobs, F. Robert. (2006). “Operations Management For Competitive Advantageâ€. 11th edition, McGraw-Hill Irwin, Boston.

Daft, Richard L. 2006. Manajemen, Edisi 6. Jakarta: Salemba Empat

Heizer, Jay and Barry Render. 2017. Operation Management, 20th edition. New Jersey : Pearson, Prentice-Hall Inc.

Heizer, Jay and Barry Render. 2017. Operations Management, Sustainbility and Supply Chain Management, 20th edition. Chuck Munson.

Jay Heizer, Barry Render, 2014, “Operations Management Sustainability and Suply Chain Managementâ€. Edition Eleven

M.K Rastogi.2010. Production and Operations Management Laxmi publication, New Delhi

Mulyadi. (2012). Akuntansi Biaya. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Prawirosentono, Suyadi. 2007. Manajemen Operasi (Operations Managemen) Analisis dan Studi Kasus. Jakarta: Bumi Aksara

Stevenson William J., 2018, Operation Managemen, 13th Edition, Mc Graw Hill, New York

Tampubolon, Manahan P, 2004, “Manajemen Operasionalâ€, Edisi Pertama, Jakarta; Ghalia Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.15671

Flag Counter   Â