Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Impulse Buying di Toko Boxout Bandung

Ramadyo Wira Laksono, Ratih Tresnati

Abstract


Abstract. The purpose of this research is to determine the implementation of Store Atmosphere, Service Quality at Toko Boxout Bandung, Impulse Buying Decision at Toko Boxout Bandung, and to find how big the effect of Store Atmosphere on Impulse Buying Decision. The method used was survey method and sampling technique used was non probability accidental sampling. Type of research was verification quantitative. The population of research is Toko Boxout bandung. Sample was taken from 98 respondents. Data analysis method used was multiple linear regression analysis aiming to know the relation between independent variable (X1) and independent variable (X2) with dependent variable (Y). The results showed that variable Store Atmosphere partially has significant effect to Impulse Buying Decision and Service Quality variable partially has significant effect to Impulse Buying Decision. Simultaneously, Store Atmosphere varisble and Service Quality significantly affect/has significant effect to Impulse Buying Decision at Toko Boxout Bandung.

Keywords : Store Atmosphere, Service Quality, Impulse Buying Decision

 

Abstrak. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Store Atmosphere yang dilakukan oleh Toko Boxout Bandung, untuk mengetahui pelaksanaan Kuallitas Pelayanan di Toko Boxout Bandung, untuk mengetahui pelaksanaan Keputusan Impulse Buying di Toko Boxout Bandung dan untuk mencari seberapa besar pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Impulse Buying. Metode yang digunakan adalah metode survey dan teknik penarikan sampel adalah non probability accidential sampling. Jenis penelitian adalah verifikatif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Toko Boxout Bandung. Sampel yang diambil adalah 98 orang responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda bertujuan untuk mengatahui arah hubungan antara variable independen (X1) dan variabel independen (X2) dengan variabel dependen (Y). Hasil pengujian ini menyatakan bahwa variabel Store Atmosphere secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Impuse Buying dan variabel Kuallitas Pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Impulse Buying. Dan secara simultan variabel Store Atmosphere dan Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Impulse Buying di Toko Boxout Bandung.

Kata Kunci : Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan, Keputusan Impulse Buying.


Keywords


Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan, Keputusan Impulse Buying

Full Text:

PDF

References


Anggreni, Faridha. 2016. Pengaruh Promosi, Diskon, dan Impulse Buying Terhadap Keputusan Pembelian Hypermarket PTC Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol 5, Nomor 7. Surabaya : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia

Arif Setyasih, Diana. 2017. Analisis Pengaruh Price Discount, Bonus Pack, dan In-Store Display terhadap Keputusan Impulse Buying Behavior Konsumen. Yogyakarta : Universitas PGRI Yogyakarta.

Aris Gumilang, Wayan. 2016. Pengaruh Price Discount dan Store Atmosphere Terhadap Emotional Shopping dan Impulse Buying. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol 15, Nomor 3. Bali : Universitas Udayana

Dzikril Hakim, Maulana, M. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol 5, Nomor 11. Surabaya : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya

Faradina, Anissa. 2016. Pengaruh Promosi dan Kualitas pelayanan Teradap Kepuasan Pelanggan pada Rumah Cantik Alamanda. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol 5, Nomor 7. Surabaya : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia

Ferdina Satyo, Maya. 2013. Pengaruh Diskon Harga, Merek Produk dan Layanan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Garmen. Jurnal Ilmu dan riset Manajemen, Vol 2, Nomor 8. Surabaya : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surabaya

Fitri Pitaloka, Ardanis. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi Terhadap Penjualan Online Shop Busana Muslim. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol 4, Nomor 7. Surabaya : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia

Hizrian Effendy, Faries. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Ilmu dan riset Manajemen, Vol 6, Nomor 2. Surabaya : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia

Luthfiana, Revalia. 2014. Analisis Kualitas Pelayanan, Promosi dan Hedonic Shopping Motives yang Mempengaruhi Impulse Buying dalam Pembelian Secara Online. Semarang : Universitas Diponegoro

Maharani Putri, Cintia. Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Pelayanan Terhadap Pembelian Tidak Terencana (Impulse Buying) pada Matahari Departement Store Plaza Simpang Lima Semarang. Semarang : Universitas Diponegoro

Ratna Utami, Okky. 2015. Pengaruh Variabel Demografi, Kualitas Layanan, Atmosfer Toko pada Impulse Buying di Hypermart Mall. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol 4, Nomor 5. Bali : Universitas Udayana

Tarakanita, Indah. 2015. Pengaruh Promosi, Pelayanan, dan Suasana Toko yang yang Nyaman terhadap Keputusan Pembelian Tidak Terencana Pada Toko Mint Delta Plaza Surabaya. Surabaya : Universitas Wijaya Putra

Tri Amanda Putri, Yessica, Muhammad Edwar. Pengaruh Bonus Pack dan Price Discount terhadap Impulse Buying pada Konsumen Giant Hypermarket Diponegoro Surabaya. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.15115

Flag Counter   Â