Pengaruh Pendapatan Murabahah dan Beban Promosi terhadap Laba Operasional PT Bank Muamalat Indonesia Periode Tahun 2013-2017

Anisa Fitri Eka Mulyani

Abstract


Abstract. One way to find out how efficient and effective a company is in conducting its operations can be seen from operating profits. Operating Income measures the performance of fundamental business operations carried out by a company and is derived from gross profit less operating expenses. Good corporate earnings growth reflects that the company's performance is also good. This study aims to look at the effect of murabahah income and promotion costs on operating profit. The variable used is murabahah income, which is income from the difference in price deferred from a sale and purchase transaction that states the acquisition price. Promotion Expenses are costs incurred during the period 2013-2017. Operating profit is income or profit that comes from all the main activities of the company in a certain period of time. The analysis in this study used the test method of multiple regression analysis, t test analysis (partial), and F test analysis (simultaneous). The results of the study show that murabahah income has a positive effect on operating income, while the promotion burden has a negative effect on operating profit.

Keywords: Murabahah Income, Promotion Expenses, Operating Income

Abstrak. Salah satu cara untuk mengetahui seberapa efisien dan efektif perusahaan dalam melakukan aktivitas operasinya, dapat dilihat dari laba operasi. Laba Operasi mengukur kinerja operasi bisnis fundamental yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dan didapat dari laba kotor dikurangi beban operasi. Pertumbuhan laba perusahaan yang baik mencerminkan bahwa kinerja perusahaan juga baik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pendapatan murabahah dan beban promosi terhadap laba operasional. Variabel yang digunakan yaitu pendapatan  murabahah adalah pendapatan dari selisih harga yang ditangguhkan atas transaksi jual beli yang menyatakan harga perolehannya. Beban Promosi adalah biaya yang dikeluarkan selama periode tahun 2013-2017. Laba operasional adalah pendapatan atau keuntungan yang berasal dari seluruh kegiatan utama perusahaan dalam kurun waktu tertentu. Analisis dalam penelitian ini menggunakan metode uji analisis regresi berganda, analisis uji t (parsial), dan analisis uji F (simultan). Hasil dari penelitian menunjukkan pendapatan murabahah berpengaruh positif terhadap laba operasional, sedangkan beban promosi berpengaruh negative terhadap laba operasional.

Kata kunci: Pendapatan Murabahah, Beban Promosi, Laba Operasional


Keywords


Pendapatan Murabahah, Beban Promosi, Laba Operasional, Murabahah Income, Promotion Expenses, Operating Income

Full Text:

PDF

References


Basu Swastha. Pengantar Bisnis Modern, Pengantar Ekonomi Perusahaan Modern. Jakarta : Liberty. Hlm. 234

Kasmir. 2002. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Edisi Revisi 2008. Jakarta: PT. RAJAGRAFINDO PERSADA.

Kuswandi, dikutip dari http:/jurnal.umrah.ac.id, diakses pada tanggal 4 November 2018.

Rangkuti, Freddy. ((2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

S. Munawir (2002). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Stice, Skousen, 2004. Akutansi Keuangan, Edisi 16, jilid 1. Jakarta: Salemba Empat. Hlm 234.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.15059

Flag Counter   Â