PENGARUH KINERJA EKONOMI, KINERJA LINGKUNGAN, KINERJA KETENAGAKERJAAN, KINERJA HAK ASASI MANUSIA, KINERJA KEMASYARAKATAN DAN KINERJA TANGGUNG JAWAB PRODUK TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA) DAN NILAI PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TOBINS’Q

tasha novianti, AZIB AZIB, Nurdin Nurdin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengungkapan sustainability report yang terdiri dari kinerja ekonomi, kinerja lingkungan, kinerja ketenagakerjaan, kinerja hak asasi manusia, kinerja kemasyarakatan dan kinerja tanggung jawab produk terhadap Return On Asset (ROA) dan nilai perusahaan dengan menggunakan metode Tobins’Q (Studi kasus perusahaan yang terdaftar dalam Lq 45 tahun 2009-2013). Metode penarikan sampel menggunakan purposive sampling yaitu populasi yang dijadikan sampel adalah perusahaan yang tedaftar dalam Lq 45 tahun 2009-2013 yang mempublikasikan data perusahaan secara lengkap yang sesuai dengan periode pengamatan adalah 6 perusahaan. Metode analisis data dengan menggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil pengamatan menunjukan bahwa secara bersama-sama (simultan) terdapat pengaruh yang signifikan antara kinerja ekonomi, kinerja lingkungan, kinerja ketenagakerjaan, kinerja hak asasi manusia, kinerja kemasyarakatan dan kinerja tanggung jawab produk terhadap ROA. Secara parsial variabel yang memiliki pengaruh terhadap ROA hanya variabel kinerja kemasyarakatan. Dan secara bersama-sama (simultan) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kinerja ekonomi, kinerja lingkungan, kinerja ketenagakerjaan, kinerja hak asasi manusia, kinerja kemasyarakatan dan kinerja tanggung jawab produk terhadap nilai perusahaan. Secara parsial variabel yang memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan adalah hanya variabel kinerja lingkungan.

Keywords


Sustainability Report, Return On Asset (ROA), Nilai Perusahaan, Tobins’Q

References


Arjowo, Irine Stephanie. (2013). Pengaruh Pengungkapan Sustainability Report Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Tedaftar Dalam Bursa Efek Indonesia). Skripsi S1 JurusanAkuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga 2013.

Brigham, EF and Lc Gapensi. 2002. Intermediate Financial Management, Fith Edition, New York: The Drysden Press.

Elkington, J. 1997. Cannibals with Forks: The Triple Bottom Line of 21st Century Business. Capstone: Oxford.

Herawaty, Vinola. 2008. Peran Praktek Corporate Governance Sebagai ModeratingVariabel Dari Pengaruh Earnings Management Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan No.10.

Lestari, Maharani Ika dan Toto Sugiharto. 2007. Kinerja Bank Devisa dan Bank Non Devisa dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. PESAT Vol. 2.

Republik Indonesia, Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas, Lembaran Negara No. 106 Tahun 2007, Tambahan Berita Negara No. 4756.

Soelistyoningrum, Jenia Nur. 2011. Pengaruh Pengungkapan Sustainability ReportTerhadapKinerja Keuangan (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Dalam Bursa Efek Indonesia). Skripsi S1 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Semarang 2011.

www.globalreporting.org

www.idx.com




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1391

Flag Counter