Pengaruh Promosi Penjualan terhadap Minat Beli Konsumen pada Distro Screamous Bandung

Erlangga Harold Sacadikara, Ratih Tresnati

Abstract


Abstract. The purpose of research to find out how the implementation of sales promotion on Screamous Distros Bandung, to know the implementation of the price on the Screamous Distros Bandung, to know the consumer's purchase intention in Screamous Distros Bandung, to find out how much influence sales promotion of consumer purchase intention in the Screamous Distros Bandung, to find out how much influence the price of purchase intention on the Screamous Distros Bandung, and to find out how much influence sales promotion and price to consumer  purchase intention in Bandung Screamous Distros. The research method used is survey method. The type of research conducted is verifikatif. The sampling technique used is accidental sampling. The sample in this research is 100 respondents who have made a purchase in Screamous Distros. Data collection techniques used are Multiple Linear Regeresi Analyst to know the direction of the relationship between independent variables with dependent variable. Implementation of sales promotion Screamous distributions can be said not good. Implementation of price Screamous Distro Bandung can be said not good. Customer feedback on sales promotion Screamous distributions, can be said not good. Customer response about the price of Screamous Distro can be said not good. Response consumer purchase intention Distro Screamous, can be said not good. The results of this study indicate the influence between sales promotion and price to consumer purchase intentions.

Keywords: Sales Promotion, Price, Purchase Intention

 

Abstrak. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan promosi penjualan pada Distro Screamous Bandung, untuk mengertahui pelaksanaan harga pada Distro Screamous Bandung, untuk mengetahui minat beli konsumen pada Distro Screamous Bandung, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi penjualan terhadap minat beli konsumen pada Distro Screamous Bandung, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga terhadap minat beli konsumen pada Distro Screamous Bandung, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi penjualan dan harga terhadap minat beli konsumen pada Distro Screamous Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Jenis penelitian yang dilaksanakan bersifat verifikatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang responden yang pernah melakukan pembelian di Distro Screamous. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Analis Regeresi Linier Berganda untuk mengetahui arah hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen. Pelaksanaan promosi penjualan Distro Screamous dapat dikatakan kurang baik. Pelaksanaan harga Distro Screamous Bandung dapat dikatakan kurang baik. Tanggapan pelanggan mengenai promosi penjualan Distro Screamous, dapat dikatakan kurang baik. Tanggapan pelanggan mengenai harga Distro Screamous dapat dikatakan kurang baik. Tanggapan minat beli konsumen Distro Screamous, dapat dikatakan kurang baik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh antara promosi penjualan dan harga terhadap minat beli konsumen.

Kata Kunci: Promosi Penjualan, Harga, Minat Beli Konsumen.


Keywords


Promosi Penjualan, Harga, Minat Beli Konsumen

Full Text:

PDF

References


Agus Hermawan. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Ali Hasan. 2013. Marketing dan Kasus-kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Publishing Service)

Anastasia Kara. 2016. Pengaruh Promosi Penjualan Pakaian Online Shop Elevenia di BBM Grup Terhadap Minat Beli Konsumen. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol, 5. No. 1, ISSN: 2442-6962.

Andriani Pompayo, DKK. 2017. Pengaruh Promosi Penjualan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indomie Goreng Pada PT. Indomarco Adi Prima Manado. Jurnal EMBA, Vol. 5, No. 3, ISSN: 2303-1174.

Arifin Zulkarnain. 2018. Pengaruh Promosi Penjualan dan Store Atmophere Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), Vol 6, No. 1

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Augusty Ferdinand. 2014. Metode Penelitian Manajemen Edisi ke-5. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponorogo.

Basu Swastha Dharmmesta dan T. Hani Handoko. 2012. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. BPFE, Yogyakarta.

Buchari Alma. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Clow, Kenneth E., dan Donald Baack. 2014. Integrated Advertising, Promotion, and Marketing Communication. 6th Edition. Global Edition. Pearson Education. London

Danang Sunyot. 2015. Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Cetakan Pertama). Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Publishing Service).

Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrma Widya.

Diah Siti Utami. 2016. Pengaruh Promosi Penjualan, Kualitas Website, dan Green Marketing terhadap Minat Beli Konsumen The Body Shop (Studi Kasus di Jakarta dan Tanggerang Selatan). Skripsi Universitas Islam Negeri

Dian Yudhiartika. Dkk. 2012. Pengaruh Personal Selling, Display, Promosi Penjualan Terhadap Kesadaran Merek dan Intensi Membeli Pada Produk Kecantikan Pond’s. Buletin Studi Ekonomi, [S.I], NOV. 2012. ISSN 2580- 5312.

Endhar Wijaya Putra, Dkk. 2016. Pengaruh Diskon Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian. Jurnal EMBA Vol. 5 No. 3.

Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.

Fauziah Septiani. 2017. Pengaruh Harga Terhadap Minat Beli (Studi Kasus Pada PT. Asuransi Jiwa Recapital Di Jakarta). Jurnal Mandiri., Vol. 1 No. 2. ISSN: 2580-3220.

Grewal, Dhruw & Levy, Michael. 2014. Marketing, Fourth Edition. The McGrow- Hill, New York.

Hatane Samuel, dan Lianto, A.S. 2014. Analisis Ewom, Brand Image, Brand Trust, dan Minat Beli Produk Smartphone di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 8, No. 2, ISSN 1907-235X

Iin Fajria. 2018. Pengaruh Promosi Penjualan dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Mustika Ratu. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 6, No. 1.

Imam Ghozali. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Dipenogoro.

Jonathan Herdioko. 2017. Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Dalam Berbelanja Produk Kopi Secara Daring: Studi Kasus Pada Situs Internet Otten Coffee. JRMB, Vol. 12, No. 2.

Kansa Khairunissa. Dkk. 2017. Pengaruh Bauran Promosi Keputusan Pembelian dan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 48 No. 2

Kotler, Philip, dan Gary Amstong. 2014. Principles of Marketing. 15th Edition. Global Edition. Pearson Hall, New Jersey.

Levy, Michael & Weitz, Barton A., 2012. Retailing Management. New York, America: McGraw-Hill/Irwin

M. Fakhru Rizky NST dan Hanifa Yasin. 2014. Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia Sei Mencririm Medan. Jurnal Manajemen & Bisnis, Vol. 14, No. 02, ISSN: 1693-7619.

M. Nazir. 2014. Metode Penelitia. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mullins, John W dan Walker Jr, Orville C. 2013. Marketing Manajement: A Strategic Desicion-Making Approach. 8th Edition, McGraw-Hill International Edition.

Priccila Natalia, Dkk. 2014. Pengaruh Periklanan dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen. Kesatuan, Vol. 2 No. 2.

Revina Anisa Agnelia, dan Aditya Wardhana. 2016. Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Baraya Travel Pool Buah Batu. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Enterpreneurship, Vol. 10, No. 2, ISSN 2443-0633.

Samuel Gianluca Enidco. 2017. Pengaruh Produk, Harga, Promosi Penjualan, Pemasaran Langsung, dan Digital Terhadap Minat Beli. Skripsi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Schiffman dan Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan ke-12. CV. Alfabeta: Bandung

https://www.screamous.com/




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.13725

Flag Counter   Â