Pengaruh Inovasi Produk terhadap Keputusan Pembelian (Kasus pada Konsumen Bisnis) Auto Print & Souvenirs Sales Showroom di Kota Bandung

Risa Rismawati, Dede R Oktini

Abstract


Abstract. This study aims to find out how the response of respondents about product innovation on Auto Print & Souvenirs, respondents' responses about purchasing decisions on Auto Print & Souvenirs and how the effect of product innovation on purchasing decisions on Auti print & Souvenirs. The research method used in this research survey while this type of research is descriptive and verifikatif research. Samples in this study as many as 100 respondents who is a car sales showroom in Bandung. Data analysis technique used is simple linear regression. The result of this research is the result of the responses of respondents about the product innovation in Auto Print & Souvenirs as a whole is considered good enough, the response of respondents about the purchase decision on Auto Print & Souvenirs as a whole is considered good enough. From the results of hypothesis testing found that product innovation significantly influence the purchase decision on Auto Print & Souvenirs.

Keywords: Product Innovation, Purchase Decision

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tanggapan responden tentang inovasi produk pada Auto Print & Souvenirs, tanggapan responden tentang keputusan pembelian pada Auto Print & Souvenir dan bagaimana pengaruh inovasi produk terhadap keputusan pembelian pada Auto Print & Souvenirs. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini survei sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian dekriptif dan verifikatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden yang merupakan sales showroom mobil di Kota Bandung. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini adalah hasil tanggapan responden tentang inovasi produk pada Auto Print & Souvenirs secara keseluruhan dinilai sudah cukup baik, hasil tanggapan responden tentang keputusan pembelian pada Auto Print & Souvenirs secara keseluruhan dinilai sudah cukup baik. Dari hasil uji hipotesis didapatkan bahwa inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Auto Print & Souvenirs.

Kata Kunci : Inovasi Produk, Keputusan Pembelian


Keywords


novasi Produk, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Agus, Hermawan. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Agus, Susanto. 2013. Pengaruh Promosi, Harga dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Batik Tulis Karangmlati. Universitas Negeri Semarang.

Akdon, dan Riduwan, 2013/ Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika, Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Belch, George E., Belch, Michael A. 2009. Advertising and Promotion : An Integrated Marketing Communication Perpective. 8th Edition. New York : McGraw-Hill.

Charles Lamb, W.et.al. 2001. Pemasaran. Edisi Pertama, Salemba Empat: Jakarta.

Dharmmesta, Basu Swastha., Handoko, T. Hani. 2012. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. BPFE, Yogyakarta.

Fontana, Avanti.2011. Innovate We Can!. Bekasi : Cipta Inovasi Sejahtera

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro

Griffin, R. W., & Ebert, R. J. 2006. Bisnis. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip 2006. Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama. Indonesia: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip, 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi kesebelas Jilid 1. Indeks, Jakarta.

Kotler, Keller, 2012. Marketing Management, 14th, Person Education.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2012. Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, Philip. & Gary Armstrong. 2014. Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Nazir Moh, 2014. Metode Penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia.

Pinta Gustiana Masda. 2011. Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan pembelian Galami di Kota Payakumbuh

Rachmady Saputra .2017. Pengaruh Inovasi Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada distro Klanrock House concept store Jember.

Schiffman, L, G. dan, L. L. Kanuk. 2009. Persepsi kualitas, Consumer Behavior. New Jersey: Perason Prestice Hall.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tamamudin, 2012, Analisis Pengaruh Pengenalan Merek, Persepsi Kualitas, Harapan Konsumen dan Inovasi Produk terhadap Keputusan Membeli dan Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen (Studi Kasus: Produk Batik Sutra Halus Merek Tamina). Jurnal Penelitian Vol. 9, No. 2, November 2012. Hal. 283-300.

Tjiptono, Fandy , 2002 ,Manajemen Jasa, Penerbit ANDI YOGYAKARTA

Website : www.CikalNews.com




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.13718

Flag Counter   Â