Pengaruh Diferensiasi Produk terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Fino di Kota Bandung (Survei pada Mahasiswa Unisba Pengguna Sepeda Motor)

Derian Ghassan Hasbi, Dede R Oktini

Abstract


Abstract. This study aims to find out how the responses of respondents about product differentiation on Yamaha Fino motorcycle, respondents' responses about purchasing decisions on Yamaha Fino motorcycles and how the influence of product differentiation on purchasing decisions on Yamaha Fino motorcycle. The research method used in this research survey while this type of research is descriptive and verifikatif research. Samples in this study as many as 100 respondents who are students of UNISBA who use motorcycles. The data analysis used is simple linear regression. The result of this research is the overall differentiation of product on Yamaha Fino motorcycle is considered good enough, overall purchasing decision on Yamaha Fino motorcycle is considered good enough. From result of hypothesis test, it is found that product differentiation has significant effect to purchase decision on Yamaha Fino motorcycle.

Keywords: Product Differentiation, Purchase Decision


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tanggapan responden tentang diferensiasi produk pada sepeda motor Yamaha Fino, tanggapan responden tentang keputusan pembelian pada sepeda motor Yamaha Fino dan bagaimana pengaruh diferensiasi produk terhadap keputusan pembelian pada sepeda motor Yamaha Fino. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini survei sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian dekriptif dan verifikatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden yang merupakan mahasiswa UNISBA yang menggunakan sepeda motor. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini adalah secara keseluruhan diferensiasi produk pada sepeda motor Yamaha Fino dinilai sudah cukup baik, secara keseluruhan keputusan pembelian pada sepeda motor Yamaha Fino dinilai sudah cukup baik. Dari hasil uji hipotesis didapatkan bahwa diferensiasi produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada sepeda motor Yamaha Fino.

Kata Kunci : Diferensiasi Produk, Keputusan Pembelian.


Keywords


Diferensiasi Produk, Keputusan Pembelian.

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung.

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Basu Swastha Dharmmesta, T. Hani Handoko, 2000, Manajemen Pemasaran “ Analisa perilaku konsumen “. Edisi pertama cetakan ketiga. BPFE-Yogyakarta, Yogyakarta.

Blocher, Edward J., Kung H. Chen dan Thomas W.Lin, 2000. Manajemen Biaya,Buku 1, Terjemaha Susty Ambarrani, Jakarta : Salemba Empat.

Boone, Louis E. Kurtz, David L. 2012. Pengantar Bisnis Kontemporer. Jakarta: Salemba Empat.

Dejawata, Thariz Baharmal., Kumadji Srikandi., Abdillah, Yusri. 2014. Pengaruh Diferensiasi Produk terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol.17 No.2 Desember dalam Fakultas Ilmu Administraso Universitas Brawijaya Malang.

H.Abdul Manaf, 2016, Revolusi Manajemen Pemasaran, Edisi 1, Jakarta : Mitra Wacana Media.

Hermawan Kartajaya.2010.Brand Operation The Official MIM Academy course book. Jakarta : Esesnsi Erlangga Group.

Heru, Hervi, 2016. Pengaruh Diferensiasi Produk, Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha (Studi Kasus pada Pengguna Sepeda Motor di Kota Tanggerang.

Jeff, Madura ,2001, Pengantar Bisnis, Edisi Pertama, Jakarta : Salemba Empat.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Kotler, Philip. and Gary Armstrong. 2014. Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kotler, Philip and Gary Armstrong, 2016. Principles Of Marketing, Edisi 14, New Jersey: Prentice-Hall Published.

Machfoedz, M. 2013. Pengantar Pemasaran Modern. Akademi Manajemen Pemasaran YPKPN, Yogyakarta.

Nazir, Moh. 2011. Metode Penelitian . Cetakan 6. Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia

Schiffman dan Kanuk. 2008. Perilaku konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks

Simamora, Idham Kurnia dkk. 2013. “Pengaruh Harga, Citra Merek, Positioning, Dan Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Jamu Pt. Njonja Meneerâ€. Diponegoro Journal Of Social And Politic. Hal 1-12.

Sugiyono, (2013), Metodologi Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung.

Suwarsono. 2003. Manajemen Strategik Konsep dan Kasus. Edisi Revisi. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Tjiptono, Fandy, 2012. Pemasaran Jasa. Yogyakarta : CV. Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.13717

Flag Counter