Pengaruh Content Marketing terhadap Minat Beli Konsumen pada Jasa Kreatif Yours Bandung

Akhmad Fauzi Akbar, Nina Maharani

Abstract


Abstract. The purpose of this study is to find out the application of content marketing by Yours, to know the consumer response about content marketing produced by Yours, to know purchase intention to Yours services, and to find out how much influence of content marketing to Yours purchase intention. The research method used is survey method. The type of research conducted is verifikatif. The sampling technique used is incidental sampling. The sample in this research is 100 respondents who had bought the Yours services. Data collection technique used is questionnaire. Data analysis method used is Simple Linear Regression Analysis to know the direction of relationship between independent variable with dependent variable. Response from consumer regarding Yours content marketing can be said quite good. Response regarding consumer purchase intention can be said quite good. The results of this study indicate the influence of quality product on consumer purchase decision.

Keywords: Content Marketing, Purchase Intentio


Abstract. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan penerapan strategi content marketing yang dilakukan oleh Yours, untuk mengetahui tanggapan konsumen tentang pelaksanaan content marketing yang dilakukan oleh Yours, untuk mengetahui  minat beli konsumen pada jasa kreatif Yours, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh content marketing terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan Yours dengan metode studikasus dan menggunakan analisis regresi sederhana yang diolah dengan SPSS. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang konsumen Yours. Dengan  metode penelitian survey dan  teknik penarikan sampel adalah non probability  sampling yaitu accidental sampling.  Analisis data yang di gunakan adalah analisis  regresi sederhana yang bertujuan untuk menguji hipotesis. Tanggapan konsumen mengenai content marketing Yours, dapat dikatakan cukup baik. Tanggapan mengenai minat beli konsumen di Yours dapat dikatakan baik. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh antara content marketing terhadap minat beli konsumen.

Kata Kunci : Content Marketing, Minat beli


Keywords


Content Marketing, Minat beli

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Tantri. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo

Agus Hermawan. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta. Erlangga

Ali Hasan. 2013. Marketing dan Kasus-kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Publising Service)

Giovani Ayesha. 2016. Strategi Internet Marketing Band Indie Pekanbaru Dalam Mempromosikan Karya Musik Melalui Reverbnation.com. Jom Fisip Vol. 3 No. 1.

Joe Pulizzi, Newt Barrett. Get Content Get Customers: Turn Prospects into Buyers with Content Marketing

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2014. Principles of Marketing. Edisi 15. Global edition. Pearson hall, New Jersey

Kotler, Philip dan Keller, 2013. Management Marketing. Global Edition. USA: Pearson Prentice.

Lieb, Rebecca. 2012. Content Marketing: Think Like a Publishers

Michael Gerard. 2016. Content Marketing Statistics: The Ultimate List

Mursiana, 2014. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Di Rahap Putra Swalayan Klambu Kabupaten Grobogan. Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta

Nilam Ayu Widyaningrum. 2017. Dampak Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Crispy Rice Crackers. Universitas Ciputra. Surabaya. Jurnal Manajen dan Strat-up Bisnis Vol. 1, No.6.

Priscilla Panti Meyrina. 2015. Kajian Semiotika Perubahan Maskot Majalah anak-anak ‘BOBO’ pada tahun 1973, 2007, dan 2009. Jurnal dekav vol. 8, no. 1,2015.

Pulizzi, J. (2013). B2C content marketing research: Strategy influences success. ContentMarketingInstitute,from

Sugiyono. 2013. Cetakan kedelapan belas. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta

Sumarwan, U. (2003) Perilaku Konsumen Teori dan Penerapanya dalam Pemasaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.

http://contentmarketinginstitute.com/2013/10/2014-b2c- consumercontent-marketing/

Schiffman dan Kanuk. 2008. Perilaku konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks.

Try Gandi dan Magnadi, Rizal Hari. 2016. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Placement Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Private Label Indomart Di Tambalang. Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Skripsi Universitas Diponegoro Semarang.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Jakarta: Gramedia Cawang.

https://www.instagram.com/yours.lab




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.13715

Flag Counter   Â