PENGARUH PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING TERHADAP RETURN ON ASSETS ( STUDI KASUS BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA)

Abi Rafdi Arsyi, AZIB AZIB, Nurdin Nurdin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengungkapan Islamic social reporting terhadap return on assets menggunakan metode analisis deskrptif dan analisis statistik, dengan menggunakan data laporan tahunan dan laporan keuangan yang terdapat pada 8 bank umum syariah dengan periode tahun 2010-2013.

Dalam penelitian ini Islamic social reporting (ISR) dihitung dengan indeks ISR yang terdiri dari 6 tema pengungkapan yaitu Keuangan dan Investasi, produk, karywan, sosial, lingkungan dan tata kelola perusahann. Masing-masing tema memiliki item-item penilaian yang totalnya mencapai 48 item penilaian. Sedangkan return on assets (ROA) dihitung dengan laba bersih dibagi total aset bank syariah.

Berdasarkan analisis deskriptif menunjukan tingkat pengungkapan ISR tertinggi 2010-2013 adalah Bank syariah Mandiri (BSM) sedangkan tingkat pengungkapan ISR terendah periode 2010-2013 adalah Bank Panin Syariah. Tingkat ROA tertinggi pada periode 2010-2011 adalah Bank Syariah Mandiri Sedangkan 2012-2013 adalah Bank Mega sedangkan ROA terendah periode 2010 adalah Bank Panin Syaraih, periode 2011 adalah Bank BRI, periode 2012-2013 adalah Bank Bukopin Syariah. Berdasarkan  perhitungan yang yang telah dilakukan dengan menggunakan metode analisis regresi sederhana, pengungkapan Islamic social reporting tidak menununjukan signifkan pengaruhnya terhadap  return on assets. Hasil penelitian korelasi secara simultan atau determinasinya antara Islamic social reporting dengan ROA diperoleh r = 0,248. Variabel ROA dijelaskan oleh pengungkapan Islamic social repoting sebesar 6,61 % sedangkan sisanya sebesar 93,39% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Keywords


Social Reporting (ISR), Return On Assets (ROA), Bank Umum Syariah

References


AAOIFI. (2010). Accounting, Auditing, and Governance Standard for International Financial Institution. Bahrain.

Abdullah, W. A., Percy, M., & Stewart, J. (2011). Corporate Social Responsibilty In Islamic Banks : A study of Shari’ah Supervisory Board Disclosure and Zakat Disclosure in Malaysia and Indonesia Islamic Banks.

Abu-Tapanjeh, A. M. (2009). Corporate Governance From The Islamic Perspective : A comparative analysis with OECD principles. Critical Perspectives on Accounting.

Alqur’anul Karim.

Amilia, N. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) Pada Perusahaan Yang Masuk Daftar Efek Syariah (DES). Universitas Indonesia. Depok.

Ayu, D. F. (2010, Juli). Analisis Pengaruh Jenis Industri Usaha, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas Terhadap Tingkat Pengungkapan Islamic Social Reporting Pada Perusahaan yang masuk Jakarta Islamic Indeks (JII). Depok: Skripsi Fakultas Ekonomi Indonesia.

Farook, S. Z., & Lanis, R. (2005). Banking on Islam ? Determinats of CSR Disclosure. International Conference on Islamic Economics and Finance.

Fitria, S., & Hartanti, D. (2010). Islam dan Tanggung Jawab Sosial. Studi Perbandingan Pengnungkapan Berdasarkan Global Reporting Initiative Indeks dan Islamic Soical Reporting Indeks. Simposium Nasional Akuntansi XIII Purwekerto.

Haniffa, R. (2002). Social Reporting Disclosure :An Islamic Perspective. Indoensian Management and Accounting Research.

Harahap, S. S. (2002). The Disclosure of Islamic Value-Annual Reports Analysis of Bank Muamalat Indonesia’s Annual Reports. Journal of Business Ethics.

Lind, D. A., Marchal, W. G., & Wathen, S. A. (2008). Teknik-Teknik Statistika Dalam Bisnis dan Ekonomi. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Maali, B., Casson, P., & Napier, C. (2006). Social Reporting by Islamic Banks. ABACUS.

Masruki, R., & Zakaria, N. (2009). Value Relevant of Accounting Numbers : Determinants of Corporate Social Responsibility Disclosure of Islamic Banks in Malaysia.

Nachrowi, N., D., & Usman, H. (2006). Pendekatan Populer Dan Praktis Ekonometrika Untuk Analisis Ekonomi dan Keuangan. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi.

OECD Principles of Corporate Governance. (2004)

Othman, R., Thani, A.M., & Ghani E.K. (2009). Determintats of Islamic Social Reporting Among Top Shariah-Approved Companies in Bursa Malaysia. Research Journal of International Studies.

Priyesta, R. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) : Studi Empiris Pada Bank Syariah Di Indonesia Malaysia Dan Negara –Negara Gulf Cooperation Council : Skripsi Faklutas Ekonomi Universitas Indonesia. Depok.

Wibisono, Y. (2010, 2 September 2). Kuliah 1 Ekonomi Syariah : Prinsip dan Dasar Ekonomi Islam. Depok.

Widiawati, S. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Islamic Social Reporting Perusahaan-Perusahaan Yang Terdapat Pada Daftar Efek Syariah Tahun 2009-2011 :Skripsi Ekonomi Universitas Diponegoro. Semarang




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1242

Flag Counter   Â