Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan di VKR Design Bandung

Hildan Nuzirwan, Nina Maharani

Abstract


Abstract. The purpose of this research is to know the application of VKR Design’s product quality, to know consumer’s responses, to know customer’s loyalty, and to find how big this product can influence customer loyalty in VKR Design. The research method used in this research is survey method. This research is verifikatif. The sampling technique used in this research is incident sampling. The sample in this research is 100 respondent who had bought the VKR Design more from 2 times product. In order to collect data, questionnaires method is used. Data analysis method used is Simple Linear Regression Analysis, which is used to know the direction of relationship between independent variable with dependent variable. Consumers response regarding VKR Design’s product quality are quite good through 8 dimensions is performance, reliability, features, conformance, durability, serviceability, aesthethics, customer perceived quality. Their feedback and loyalty are also good. The results of this study indicate the effect of product quality on customer loyalty.

Keywords: Product Quality , Customer Loyalty


Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kualitas produk yang dilakukan oleh VKR Design, untuk mengetahui tanggapan konsumen tentang kualitas produk yang dihasilkan oleh VKR Design, untuk mengetahui loyalitas pelanggan terhadap produk VKR Design, dan untuk mencari seberapa besar pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan di VKR Design. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Jenis penelitian yang dilaksanakan bersifat verifikatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah insidental sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang responden yang telah membeli produk di VKR Design lebih dari 2 kali. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Sederhana untuk mengetahui arah hubungan anatara variabel independen dengan variabel dependen. Tanggapan konsumen mengenai kualitas produk VKR Design, dapat dikatakan cukup baik, melalui 8 dimensi yaitu tampilan produk, keandalan, keistimewaan tambahan, kesesuaian dengan spesifikasi, daya tahan , ukuran usia produk, kecepatan, keindahan , kualitas yang dirasakan. Tanggapan mengenai loyalitas pelanggan di VKR Design, dapat dikatakan cukup baik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan

Kata Kunci: Kualitas Produk. Loyalitas Pelanggan


Keywords


Kualitas Produk. Loyalitas Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Kotler, Philip and Keller(2013), Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Edisi 13, Erlangga.

Kotler. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga

Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI: Yogyakarta.

Febri Tri Bramasta Putra 2012. Jurnal PENGARUH KUALITAS PELAYANAN,HARGA, DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN. (Studi pada Bengkel Mobil RapiGlass Autocare Semarang)

Philip and Keller, Kevin Lane. 2012. Marketing Management 14th Edition New Jersey: Pearson Education, Inc.

Santosa, S. (2010). Penerapan Costumer Relationship Marketing serta Kualitas Produk untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajerial Vol: no 2, ISSN: 2085-479X.

Alma, B. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran jasa Bandung:Alfabeta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Griffin, J. (2008). Customer Loyalty : Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.

Griffin, R. W. (2007). Jilid 1. Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2012). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Buku Seru.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12253

Flag Counter   Â