Analisis Pemilihan Pemasok Plate Sheet di PT. Dirgantara Indonesia dengan Menggunakan Metode AHP (Analitycal Hierachy Process)

Rizki Ramdani

Abstract


Abstract. Supplier selection is one of the most important activity of company’s purchasing function. Supplier selection is a multi criteria problem that covering quantitative and qualitative criteria. One of the method that can be used is Aanalytical Hierarchy Proses (AHP) method. This research was done at PT Dirgantara Indonesia, a manufacture company that will developed partner relationship with the plate sheet supplier. Problems discussed in this research is: (1) how criterion’s and subcriterion’s priority ranking of supplier selection at PT Dirgantar Indonesia? (2) which best supplier for PT Dirgantar Indonesia based on AHP method?sample of this research is decision makers and employees at PT Dirgantar Indonesia who knowing the supplier’s performance. Research method used in this research is descriptive method. The technique of data collection conducted by observation, interviews, and research librarianship. because AHP method require depend on a group of expert as according to relevant specialist in decision making. This research used AHP method with. The final rating of relative importance’s supplier selection criteria was found: priority I is quality (0,2394), priority II is price (0,1792), priority III is flexibility (0,0968),priority IV is delivery (0.0941) and priority V responsiveness(0,0753). The final rating of relative importance’s alternative was found : first priority is supplier Y (0,3941), second priority is supplier Z (0,3453), and the last priority is supplier X (0,2607). From this results, we can suggest, if company will develop partner relationship, company majored to chosen supplier Y as  supplier because supplier Y is supplier with highest overall value. With this partner relationship, supply chain performance between company and supplier will be good progressively and can accelerate finished of project. 
Keywords: Product Differentiation, Purchase Decision

 

Abstrak. Pemilihan supplier merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam aktivitas pembelian bagi perusahaan. Pemilihan supplier merupakan masalah multi kriteria yang meliputi factor-faktor kuantitatif dan kualitatif. Salah satu metode yang bisa di gunakan untuk pemilihan supplier adalah metode AHP (Analitycal Hierarchy Process). Penelitian ini dilakukan pada sebuah perusahaan manufaktur, PT. Dirgantara Indonesia, yang akan mengembangkan kemitraan dengan supplier plate sheet. Permasalahan yang akan di bahas dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah urutan prioritas kriteria dan subkriteria dalam pemilihan supplier pada PT Dirgantara Indonesia? (2) supplier/pemasok manakah yang sebaiknya dipilih oleh PT. Dirgantara Indonesia berdasarkan metode AHP? Sampel dari penelitian ini adalah para pengambil keputusan dari pihak-pihak yang berada dalam departemen pembelian dan gudang yang mengetahui kinerja supplier. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi, wawancara dan penelitian kepustakaan karena metode AHP mensyaratkan ketergantungan pada sekelompok ahli sesuai dengan jenis spesialis terkait dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini menggunakan metode AHP . Dari hasil penilaian tingkat kepentingan kriteria dalam pemilihan supplier menghasilkan skala prioritas/bobot sebagai berikut : prioritas I kualitas (0,2394), prioritas II harga (0,1792), prioritas III Fleksibilitas (0,0968), prioritas IV pengiriman (0.0941) dan priotitas V respon (0.0753). Dari hasil penilaian tingkat kepentingan alternatif dalam pemilihan supplier menghasilkan skala prioritas/bobot sebagai berikut: prioritas I supplier Y (0,3941), prioritas II supplier Z (0,3453), prioritas III supplier X (0,2607).             Berdasarkan hasil analisis di atas,saran yang dapat diberikan adalah, jika perusahaan akan mengembangkan hubungan kemitraan dengan supplier, perusahaan diutamakan untuk memilih supplier Y sebagai supplier bagi perusahaan karena supplier Y merupakan supplier yang memiliki nilai keseluruhan paling tinggi. Dengan adanya hubungan kemitraan ini, kinerja rantai pasokan antara supplier dan perusahaan akan semakin baik dan dapat memperlancar target penyelesaian proyek secara keseluruhan.

Kata Kunci : Diferensiasi Produk, Keputusan Pembelian


Keywords


Diferensiasi Produk, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Heizer. Jay dan Barry Render. 2016. Oprations Management-Manajemen Oprasi. Edisi 11 Buku 2. Jakarta : Salemba Empat

Iveta, G. 2012. Human Resources Key performance Indicator. Journal od Competitiveness. 4 (1) : 177-128

Ria Eka Sari, 2014. Pemilihan Kulit Ular Berkualitas Umtuk Kerajinan Kulit Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process, Citec Jurnal, Yogyakarta, 4 Agustus 2014.

Saaty, Thomas L. 1993. Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin, Proses Hirarki Analitik untuk Pengambilan Keputusan dalam Situasi yang Kompleks. Setiono L, penerjemah; Peniwati K, editor. Jakarta: PT.Pustaka Binaman Pressindo. Terjemahan dari: Decision Making for Leaders The Analytical Hierarchy Process for Decisions in Complex World.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.11930

Flag Counter   Â