Analisis Peramalan Penjualan Blok Kopling Manual Yamaha SND dengan Menggunakan Metode Adjusted Exponential Smoothing pada PT. Sandy Globalindo

Keanu Ryan

Abstract


Abstrack. This research aims to analyze the sales forecasting manual clutch block Yamaha SND at PT. Sandy Globalindo by using adjusted exponential smoothing method and the smallest error indicator that is MAD, MAPE, MSE, MAPD, Tracking Signal, and SE. Forecasting method is a way to predict or anticipate about what will happen in the future. This research using descriptive methods aimed to get the systematically and actual description about the facts that occur and the thing that relate between the events studied. Data used in January-December in 2017. Technique to collect the data doing by direct observation to the company and conduct interviews with various parties in the company. Based on the research result known that PT. Sandy Globalindo has not yet implemented the Sales Forecasting Method to predict their sales. The result of sales forecasting calculation using the best Adjusted Exponential Smoothing method is at α = 0,1 and β = 0,1. With sales forecasting error indicator is located on MAPE, Tracking Signal and MAPD where from all indicator of sales forecasting error only the three calculations are equally located at the lowest point α = 0,1 and β = 0,1 with result of forecasting number 328.625 or 329.

Keywords: Forecast, Sales, Adjusted Exponential Smoothing

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peramalan penjualan blok kopling manual Yamaha SND pada PT. Sandy Globalindo dengan menggunakan metode adjusted exponential smoothing dan indikator kesalahan terkecil yaitu MAD, MAPE, MSE, MAPD, Tracking Signal, dan SE. Metode peramalan merupakan suatu cara untuk memperkirakan atau mengantisipasi tentang apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang bertujuan untuk mendapatkan deskripsi secara sistematis dan aktual mengenai fakta-fakta yang terjadi dan hal-hal yang berhubungan antara kejadian yang diteliti. Data yang digunakan yaitu data penjualan pada bulan januari-desember pada tahun 2017. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan observasi langsung ke perusahaan dan melakukan wawancara dengan berbagai pihak di perusahaan. Berdasarkan hasil dari penelitian diketahui bahwa PT. Sandy Globalindo belum menerapkan metode peramalan penjualan untuk meramalkan penjualannya. Hasil perhitungan peramalan penjualan dengan menggunakan metode Adjusted Exponential Smoothing terbaik terdapat pada α= 0,1 dan β= 0,1. Dengan indikator kesalahan peramalan penjualan terletak pada MAPE, Tracking Signal dan MAPD dimana dari keseluruhan indikator kesalahan peramalan penjualan hanya ketiga perhitungan tersebut yang sama-sama berada pada titik terendah α= 0,1 dan β= 0,1 dengan hasil peramalan sejumlah 328.625 atau 329.

Kata Kunci: Peramalan, Penjualan, Adjusted Exponenial Smoothing


Keywords


Peramalan, Penjualan, Adjusted Exponenial Smoothing

Full Text:

PDF

References


Assauri, Sofjan. 2008, Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi Revisi, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

Heizer, J & Render, B. 2015, Manajemen Operasi, diterjemahkan oleh Hirson Kurnia, Ratna Saraswati dan David Wijaya, Edisi 11, 553-578, Salemba, Empat, Jakarta.

Ishak, Aulia. 2010. Manajemen Operasi, Medan : Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.11771

Flag Counter   Â