Analisis Peramalan Penjualan Menggunakan Metode Adjusted Exponential Smoothing untuk Meminimumkan Kesalahan Peramalan Penjualan Produk Manco pada PD Linggar Sari

Irvan Heryanto

Abstract


Abstract. This study aims to analyze the sales forecasting of Manco Cake by using adjusted exponential smoothing method and the smallest error indicator that is MAD, MAPE, MSE, MAPD, Tracking Signal, and SE. Forecasting method is a way to predict or anticipate what will happen in the future. This research uses descriptive method that aims to get the description systematically and actual about the facts that occur and the things that relate between the events studied. The data used are sales data in January - December in 2017. Technique of data collection is done by doing direct observation to company and do interview with company owner. Based on the results of the research note that PD Linggar Sari has not applied sales forecasting method to forecast its sales. The result of sales forecasting calculation using the best Adjusted Exponential Smoothing method is at α = 0,1 and β = 0,1. With the sales forecasting error indicator located on Tracking Signal, and Standard Error where from all indicators of sales forecasting errors are only the two calculations are equally located at the lowest point α = 0.1 and β = 0.1 with the result of forecasting of 13554.51 or 13555 .

Keywords: Forecasting, Adjusted Exponential Smoothing

 

Abstrak. Penjualan merupakan faktor utama dalam menunjang kelangsungan hidup dalam suatu perusahaan. Oleh karena itu perusahaan harus mampu dalam menentukan kebijakan-kebijakan yang berhubungan dengan aktivitas penjualan yang dilakukan oleh perusahaan. Untuk menangani masalah penjualan agar sesuai target perusahaan, maka diperlukan adanya sebuah peramalan penjualan. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah forecasting. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengurangi kesalahan peramalan penjualan kue manco dengan menggunakan metode adjusted exponential smoothing dan indikator kesalahan terkecil MAD, MSE, MAPE, MAPD, SE, dan Tracking Signal. Penulis dalam menyusun skripsi ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuatitatif. Data yang di gunakan yaitu data historis selama 12 bulan pada tahun 2017. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara terhadap pihak perusahaan dan mengadakan observasi langsung ke perusahaan. Hasil yang di dapat pada penelitian ini menunjukan bahwa untuk menentukan α dan β terbaik berdasarkan error terkecil berada pada error Tracking Signal dan Standar error. Dimana dari data tersebut nilai terkecil berada pada α= 0,1 dan β= 0,1 dengan hasil peramalan 13554.51 atau 13555.

Kata Kunci : Peramalan, Adjusted Exponential Smoothing.


Keywords


Peramalan, Adjusted Exponential Smoothing.

Full Text:

PDF

References


Ajeng, Sri. 2011. Skripsi Peramalan Penjualan untuk Perencanaan Pengadaan Persediaan Buah Durian di Rumah Durian Harum Bintaro Jakarta. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta

Arikunto, Suharsimi, 2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Yogyakarta : Rieka Cipta.

Basowi, Iskandar, 2012, Evaluasi Belajar Berbasis Kinerja, Bandung, Karya Putra Darwati.

Chase, Richard B., F. Robert Jacobs, and Nicholas J. Aquilano; “Operations. Management for Competitive Advantage With Global Casesâ€.

Gunawan, Imam, Metode Penelitian Kualitatif : Teori dan Praktik, Jakarta : PT. Bumi Aksara, 2013.

Heizer, J & Render, B. 2011. Operation Management, Tenth Edition, Pearson, New Jersey, USA.

Heizer, Jay dan Barry Rander. 2017. Operations Management 12th ed.

Herjanto, Eddy. 2008. Manajemen Operasi. Edisi Ketiga. Jakarta: Grasindo.

Ishak, A, 2010, Manajemen Operasi, Yogyakarta : Graha Ilmu.

Ma’arif, Syamsul. 2005. Manajemen Operasi. Grasindo. Jakarta.

Prasetya, Hery. 2009. Manajemen Operasi. PT. Buku Kita. Jakarta.

Pengestu Subagyo. (2000). Manajemen Operasi, Edisi Pertama, Penerbit BPFE: Yogyakarta.

Pengestu Subagyo. (2004). Forecasting Konsep Dan Aplikasi. Yogyakarta : BPFE Yogyakarta.

Russell, Roberta S. dan Bernard W. Taylor III, 2006, Operations Management-Quality and Competitiveness in a Global Environment, fifth ed., America: John Wiley & Sons, Inc.

Sarjono, Haryadi, Yulia Agustina dan Arko Pujadi. (2009). “Analisis Peramalan Penjualan pada PT Multi Megah Mandiri Tahun 2009â€, Jurnal Manajemen di Bidang Jasa Pariwisata dan Lingkungan, Keuangan dan Pasar Modal, Halaman 60-78.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.11765

Flag Counter   Â