Kajian Strategi Pemilihan Lokasi dengan Menggunakan Metode Factor Rating dan Center of Gravity pada Warteg Hipster

Afnan Sakila, Poppie Sofiah

Abstract


Abstract The development of an increasingly advanced business world requires the company to continue to develop its performance in developing products that are produced in order to meet the desires and customer satisfaction. This research was conducted to know the location of strategy by using factor rating and center of gravity at Warteg Hipster in Bandung. Research method in this method is case study that is research about subject of research related to a specific phase. While the type of research used is descriptive explanatory research is research that aims to describe a particular condition or phenomenon, not sorting or searching for factors or particular variables and aims to examine the causality between variables that explain a particular phenomenon. Result of research result After doing calculation to some alternative location that is between Jl.Taman sari with amount 72,5% and Jl. Riau with the amount of 61.5%, then the researcher chose the store location on Jl. Taman sari no 1, Bandung, due to the higher total score compared with the location located in Jalan Riau with a lower total score that has a value of 61.5%.

 

Keywords: Location of strategy by using factor rating and center of

Abstrak. Perkembangan dunia usaha yang semakin maju mengharuskan perusahaan untuk terus mengembangkan kinerjanya dalam mengembangkan produk yang dihasilkanya agar dapat memenuhi keinginan dan kepuasan konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui lokasi strategi dengan menggunakan metode factor rating dan center of gravity pada Warteg Hipster di Bandung. Metode penelitian pada metode ini adalah studi kasus yaitu penelitian mengenai subjek penelitian yang berkaitan dengan suatu fase spesifik. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian descriptive explanatoryyaitu penelitian yang bertujuan menggambarkan suatu kondisi atau fenomena tertentu, tidak memilah-milah atau mencari faktor-faktor atau variabel tertentu dan bertujuan untuk menelaah kausalitas antara variabel yang menjelaskan suatu fenomena tertentu. Hasil penelitian menghasilkan Setelah melakukan perhitungan terhadap beberapa alternatif lokasi yaitu antara Jl.Taman sari dengan jumlah 72,5 % dan Jl. Riau dengan jumlah 61,5%, maka dengan demikian peniliti memilih lokasi toko di Jl. Taman sari no 1, Bandung, karena lebih tinggi total skornya dibandingkan dengan lokasi yang berada di Jalan Riau dengan total skornya yang lebih rendah yaitu mempunyai nilai sebesar 61,5 %.

Kata Kunci : lokasi strategi dengan menggunakan metode factor rating dan center of gravity


Keywords


lokasi strategi dengan menggunakan metode factor rating dan center of gravity

Full Text:

PDF

References


Heizer, J dan Reinder, B . 2009. Manajemen Operasi buku 1 Edisi 9. Jakarta : selemba empat.

Jay Heizer & Barry Render, 2015, Manajemen OperasiKeberlangsungan dan Rantai Pasokan, Edisi 11, penerbit Selemba Empat.

Herjanto, Edy, (2008), manajemen operasi. Jakartra : grasindo

Operations management in the supply chain Decisions and Cases, Roger schroeder / susan mayer goldstein.

Jay Heizer, Barry Render, Manajemen Operasi Buku 2, Edisi 9, Selemba Empat (2011;4)

James Evans dan David Collier. Manajemen Operasi (2007:5).

Lupiyoadi (2009:42). Managemen Operasi, Edisi 2. Jakarta : Salemba Empat.

Malayu S.P. Hasibuan 2012. Manajemen operasional. Penerbit Bumi Aksara.

James A.F. Stoner., Buku Manajemen (1992) Jilid 2, Edisi 2. Penerbit Erlangga.

Ricky W. Griffin, 2006 Buku Bisniss. Jakarta, Penerbit Erlangga

Hasibuan, Malayu. 2012 “Manajemen Sumber Daya Manusiaâ€. Jakarta. PT.Bumi

Aksara

Parasuraman, A. Valerie, 2001. (Diterjemahkan oleh Sutanto) Delivering Quality Service. The Free Press, New York.

David Huger dan Thomas L.wheelen, Manajemen Strategi :Sebuah Konsep Pengantar, Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Margaretha, 2003. Kualitas Pelayanan: Teori dan Aplikasi. Penerbit Mandar Maju, Jakarta.

Anwar Arifin, Strategi komunikasi, Bandung : Armilo 1984.

William J. Stevenson. 2009 Edisi 9. Buku Management Operation. Uk; Prentice Hall. Di terjemahkan oleh Chriswan Sungkono.

Kotler dan Keller 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13. Jakarta. Erlangga.

Triyono, Sigit. 2006. Sukses Terpadu Bisnis Ritel. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.10413

Flag Counter