Pengaruh Tayangan Iklan Traveloka Di Televisi terhadap Minat Menggunakan Situs Traveloka

Ahmad Saiful, Dede R. Oktini

Abstract


Abstract The purpose of this research is to investigate the implementation and application of television advertising by the Traveloka, to determine the response of consumers regarding the implementation of television advertising by the Traveloka, to determine the level of consumer purchase intention for Traveloka, and to find out how much influence the television advertising to consumers purchase intention. This research was conducted at the Traveloka company with the case study method and using simple regression analysis were processed with SPSS.The sample which is taken are consumers of Traveloka by the number of 100 respondents. With the research methods of survey and sampling techniques are non-probability sampling. Analysis of data used is simple regression analysis aimed to test the hypothesis.The results of this study show the influence content markerting on consumer purchase intention with a value of p = 0.000, correlation coefficient of 0597 (R = 0597), and got Adjusted R Square value of 55,5% which means that 55,5% variable of buying interest can be explained by advertisement variable in television, while the rest 44,5% explained by other variable not used in this research. These results refer that Traveloka ads on television have a significant positive impact on purchase intentionKeywords : Television Advertising, Purchase Intention, Traveloka

 

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan penerapan tayangan iklan di televisi yang dilakukan oleh Traveloka, untuk mengetahui tanggapan konsumen tentang pelaksanaan tayangan iklan di televisi yang dilakukan oleh Traveloka, untuk mengetahui tingkat minat beli konsumen pada Traveloka, dan untuk mencari seberapa besar pengaruh tayangan iklan di televisi terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan Traveloka dengan metode studi kasus dan menggunakan analisis regresi sederhana yang diolah dengan SPSS.Subjek dalam penelitian ini adalah 100 orang responden. Dengan  metode penelitian survey dan  teknik penarikan sampel adalah non-probability  sampling yaitu insidential sampling.  Analisis data yang di gunakan adalah analisis  regresi sederhana yang bertujuan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian  ini menunjukkan adanya pengaruh Iklan di televisi terhadap minat beli konsumen dengan nilai p = 0.000, koefisien korelasi sebesar  0.745 (R = 0.745), dan didapatkan nilai Adjusted R Square sebesar 55,5% yang berarti bahwa 55,5% variabel minat beli dapat dijelaskan oleh variabel iklan di televisi, sedangkan sisanya 44,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Hasil tersebut menunjukan bahwa iklan Traveloka di televisi memiliki dampak positif yang signifikan terhadap minat beli konsumen.

Kata Kunci: Iklan di Televisi, Minat Beli, Traveloka


Keywords


Television Advertising, Purchase Intention, Traveloka

Full Text:

PDF

References


A Hemamalini dan Kurup. (2014). Effectiveness of Television Advertisement on Purchase Intention. Vol.3, No 2

Kotler, Phillip dan Gary Armstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran.

Edisi Keduabelas. Jilid 1.Jakarta: Erlangga

Kotler, Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 2. Jakarta:

Erlangga

Kotler, Philip., Gary Armstrong, 2010.Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas.

Jakarta: Erlangga.

Griffin, Ricki W dan Ronal J Ebert. 2007. Bisnis Edisi 8. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2012. Marketing management. (14th ed).

New Jersey : Pearson

Indrawati. 2015. Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis: Konvergensi Teknologi

Komunikasi dan Informasi.

Kasali, Rhenald. 1992. Manajemen Periklanan Konsep Dan Aplikasinya di

Indonesia, Jakarta : Pustaka Utama Grafiti.

Kriyantono, Rakhmat. 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi, Jakarta: Kencana

Prenada Media Group




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.10409

Flag Counter