Pengaruh Country of Origin terhadap Minat Beli Smartphone Xiaomi

Arin Ray Idris, Ratih Tresnati

Abstract


Abstract. The purpose of this research is to find out the implementation and application of country of origin smartphone Xiaomi, to find out the response of the customers about  smartphone  Xiaomi  country  of  origin,  to  find  out  the  level  customers  purchase intention to smartphone Xiaomi from China, and to find out how much the influence of country of origin to customers purchase intention. This research was conducted smartphone Xiaomi with case study on S1 Students of Faculty of Economics at State University Islamic Bandung method and using simple regression analysis processed by SPSS. The research method used is in this research is descriptive and verivikatif where this research is done in the present and connect between independent with dependent variables. The sample which used in this research are 100 respondents, with non probability accidential survey and techniques research methods. Analysis data used is simple regression analysis aimed to hypotesis tested. The result of this research showed the influence of country of origin toward customers purchase intention, with a positive or significant result in which means there is influence between country of origin toward purchase intention.

Keywords: country of origin, purchase intention.

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mencari seberapa besar pengaruh country of origin terhadap minat beli konsumen smartphone Xiaomi, untuk mengetahui tanggapan responden tentang country of origin smartphone Xiaomi dan untuk mengetahui tingkat minat beli konsumen terhadap smartphone Xiaomi asal China. Penelitian ini dilakukan pada smartphone Xiaomi dengan metode studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Bandung   dan menggunakan analisis regresi sederhana yang diolah menggunakan SPSS. Metode  penelitian  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  deskriptif  dan verifikatif dimana penelitian ini dilakukan pada masa sekarang dan menghubungkan antara variabel independen dengan variabel dependen. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang responden, dengan melakukan metode penelitian survey dan teknik penarikan sampel non probability accidential sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana yang bertujuan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh country of origin terhadap minat beli konsumen dengan hasil yang positif atau signifikan dengan kata lain berarti terdapat pengaruh country of origin terhadap minat beli konsumen.

Kata Kunci: country of origin, minat beli.


Keywords


country of origin, minat beli

Full Text:

PDF

References


Amstrong, Adam et al. 2015. Principles of Marketing 6E. Australia : Pearson.

Arifin, Zaenal. 2011. Penelitian Pendidikan : Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Rosda. Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta:

Rineka Cipta.

BPS Bandung. 2015. Kota Bandung dalam Angka (Bandung City in Figures). Bandung: BPS

Statistik

Bertoli, Resciniti. 2012. International Marketing and Country of Origin Effect : The Global

Impact of “Made in Italyâ€. Northampton USA: Edward Elgar Publishing Inc.

Cannon, Perreault et al. 2008. Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global. Jakarta : Salemba Empat.

Counter Point Research. Indonesia Handset Market Q2 2015: LTE Crosses One Million Shipments For The First Time. 2015. http://www.counterpointresearch.com/press_release/indonesiamarketmonito r2q15.

Degoma, Elias. 2014. The Effect of Country of Origin Image on Purchase Intention : A Case

Study on Bahir Dar University. Ethiopia

Dinata, Jovita S. Srikandi Kumadji dan Kadarisman Hidayat. 2015. Country of Origin dan Pengaruhnya Terhadap Persepsi Kualitas dan Minat Beli iPad di Indonesia. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 25, No. 1 : 1-8.

E-Marketer. Two Billion Consumers Worldwide Smartphones. 2016. http://www.emarketer.com/Article/2-Billion-Consumers-Worldwide- Smartphones- by-2016/1011694.

Ghalandri, Abdoolah. 2012. The Effect of Country of Origin on Purchase Intention: The Role of Product Knowledge. Teheran-Iran.

Jogiyanto. 2010. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Edisi IV. Yogyakarta: Andi Offset

Kotler, Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management 14th edition. New Jersey: Prentince-Hall Inc.

Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Control, Jakarta: PT. Prehalindo

Kotler, Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 2. Jakarta : Erlangga. Kotler, Philip, dan Keller. (2007). Manajemen Pemasaran, Edisi kedua belas jilid 1, dialih

bahasakan oleh Benjamin Molan. Jakarta: PT. Indeks.

Kusumaningtyas, et al. 2017. Pengaruh Country of Origin Terhadap Persepsi Kualitas dan Dampaknya Pada Minat Pembelian (Studi pada calon konsumen yang berminat membeli mobil toyota Avanza di Jakarta). Malang

Lin, C.H., and Kao, D.T. 2004, The Impacts of Country-of-Origin on Brand Equity. The Journal of American Academy of Business, Cambridge.

Listiana, Erna. 2012. Pengaruh Country of Origin Terhadap Perceived Quality Dengan Moderasi Etnosentris konsumen.

Nazir, Moh. (2014). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

iver, Sandra. 2006. Strategi Public Relations. Jakarta: Erlangga.

Rezki, Rahmad. 2014. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Ruko Pada CV. Sinar Jaya Global Steel Padang. Padang.

Rochaety, Etih, Ratih Tresnati. 2007. Metodologi Penelitian Bisnis dengan Aplikasi SPSS. Jakarta: Mitra Wacana Media

Schiffman dan Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen, Edisi 2, Jakarta: PT. Indeks Gramedia. Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Cetakan Kedelapan Belas. Bandung: Alfabeta

Tulipa, Diyah. 2015. The Country of Origin and Brand Image Effect or Purchare Intention of Smarthphone in Surabaya-Indonesia. Surabaya.

Widjajanta, Widyaningsing et al. 2007. Mengasah Kemampuan Ekonomi. Bandung: Citra Praya.

William, J. S. (2006). Dasar-dasar Manajemen. Jakarta: Mandar maju.

Yasin, Norjaya Mohd., Mohd Nasser Noor dan Osman Mohamad. 2007. Does Image Of

Counry-Of-Origin Matter To Brand Equity? Journal Of Product & Brand Management Vol.16, No.1: 38-48.

bandungkota.bps.go.id ejournal.bsi.ac.id www.mi.com www.xiaomi-mi.com




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.10392

Flag Counter